Kemenag Pati Terima Kunjungan Mahasiswa PKL IAIN Kudus

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati (Humas) — Sebagai salah satu bentuk dari layanan kepada masyarakat, Kemenag Pati menerima mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati Ali Arifin membuka secara resmi kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa-mahasiswi IAIN Kudus pada Rabu, (24/5/2023). Kedatangan 22 mahasiswa-mahasiswi fakultas ushuluddin program studi aqidah & filsafat islam IAIN Kudus ini didampingi tiga orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan dua orang panitia.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Kemenag Pati ini menghadirkan nara sumber Penyuluh Agama Islam Fungsional Ahmad Husnan Basuni  yang menjabarkan materi terkait Moderasi Beragama.

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan perpaduan berbagai komponen pengajaran yang diaplikasikan ke dalam praktik pengalaman lapangan. Dan kegiatan ini dikategorikan sebagai kegiatan praktikum yang dilaksanakan di lapangan oleh mahasiswa.

Ulya selaku Dosen Pembimbing PKL menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan PKL ini untuk mendidik dan melatih mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus agar mendapatkan pengalaman praktis tentang keagamaan di Kementerian Agama  Pati.

Selain itu Ulya menuturkan bahwa manfaat dari pelaksanaan kegiatan PKL bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus untuk mendapatkan pengalaman nyata dan mempraktekkan teori yang mahasiswa peroleh dan kuasai secara interdisipliner selama masa perkuliahan.

“Selain itu, dengan adanya kegiatan PKL juga memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk dapat menjalani proses membangun mental diri, merubah pola pikir mahasiswa menjadi lebih kreatif dan mandiri serta menambah pengalaman dalam dunia kerja, alih-alih cuma mempelajari ilmu pengetahuan secara teoritis di bangku perkuliahan,” jelasnya.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan kegiatan PKL ini mendapatkan ilmu yang manfaat dan keberkahan, dan semoga kelak menjadi bekal penting ketika berada di dunia kerja,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Pati Ali Arifin dalam sambutannya menyambut baik kedatangan mereka. Ia berharap melalui kegiatan PKL ini akan ada kemanfaatan hubungan. Baik bagi mahasiswa yang tengah PKL, maupun bagi institusi Kemenag yang ketempatan. “Kita sama-sama manfaatkan moment ini sebaik mungkin untuk saling menimba ilmu,” tutur Kakankemenag.

Sebelum penyampaian materi dilakukan prosesi penyerahan plakat. Setelah itu, diakukan foto bersama. Para mahasiswa terlihat bahagia telah melakukan PKL di Kementerian Agama Kabupaten Pati ini. Semoga mereka dapat mengambil ilmu dan pengalaman berharga yang berguna bagi almamater, nusa dan bangsa.(at/Sua)