Kepala Madrasah, Selamat Datang Peserta Didik Baru Kelas X

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali– Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan madrasah selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Pada hari Senin (18/07) bertempat di halaman depan MAN 3 Boyolali dilaksanakan upacara awwalussanah sekaligus pembukaan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang dikenal dengan istilah MATSAMA MAN 3 Boyolali.

Ketua Pelaksana kegiatan MATSAMA, Kusnul Abadi dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan dari kegiatan ini adalah mengenalkan kepada peserta didik baru mengenai lingkungan, nilai dan karakter madrasah; menumbuhkan kultur dan jiwa bangga terhadap Madrasah sejak dini agar dapat menjaga nama baik almamaternya; menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-indonesiaan kepada peserta didik baru.

“Berdasarkan Panduan MATSAMA Tahun Ajaran 2022/2023, beberapa materi yang  disampaikan kepada peserta didik baru, antara lain kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah), moderasi beragama dan budaya digital,” kata Kusnul Abadi

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali, Tukimin, dalam upacara pembukaan mengucapkan selamat datang kepada siswa siswi baru MAN 3 Boyolali. Menurutnya acara MATSAMA merupakan ajang pengenalan siswa baru terhadap lingkungan MAN 3 Boyolali

 “Selamat datang kepada anak-anakku peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2022/2023 dan selamat bergabung di keluarga besar MAN 3 Boyolali, Disini kalian merupakan satu almamater tanpa mengesampingkan dulu dari almamater yang berbeda,”ungkapnya.

Selanjutnya kegiatan MATSAMA resmi dibuka oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali ditandai  dengan ucapan bismillah dan pengalungan tanda pengenal oleh Kepala Madrasah kepada perwakilan peserta MATSAMA, Abi Pradana dan Ela Ayu Maharani. Setelah itu, seluruh peserta MATSAMA secara bersamaan mengalungkan tanda pesertanya masing-masing.

Pelaksanaan MATSAMA tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena peserta MATSAMA adalah seluruh peserta didik baru kelas X dan peserta didik lama kelas XI dan XII. Alasan utama diikutsertakannya peserta didik kelas XI dan XII dalam kegiatan ini sebab pada dua tahun sebelumnya kegiatan MATSAMA dilaksanakan secara daring karena pandemi.

MATSAMA tahun ini juga dilaksanakan secara tatap muka, dengan tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu untuk kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali selama 3 hari berturut-turut dari hari Senin sampai hari Rabu yaitu tanggal 18 – 20 Juli 2022. Untuk kelas XI, pelaksanaan kegiatan MATSAMA di balai desa Jenengan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali dan kelas XII bertempat di Wisma Bapak Joko Waluyo yang terletak di desa Jenengan selama 2 hari berturut-turut pada hari Senin dan Selasa tanggal 18 dan 19 Juni 2022. (KM/ZN/Jaim/rf)