Kontingen Pemalang Antusias Ikuti Pembukaan POPMA Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Semangat dan antusias yang tinggi terlihat dari kontingen atlet Kabupaten Pemalang pada saat mengikuti pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Madrasah Aliyah (POPMA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 yang digelar di halaman Balai Kota Surakarta, pada Sabtu (26/8/2023).

Pembukaan POPMA dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta, pejabat FORKOPIMDA, OPD terkait, Kepala Kakankemenag, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala madrasah aliyah, ofisial kontingen dan atlet olahraga dari MA se-Jateng. Pembukaan sangat meriah ditandai dengan pemukulan bedug secara bersama-sama oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad, Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, dan Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta Hidayat Maskur.

Pembukaan event olahraga ini juga disemarakkan oleh sejumlah penampilan persembahan pencak silat, tari Pancasona, hingga hiburan drumben dan band, yang semua pemainnya adalah pelajar MA dari Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, dan sekitarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Musta’in Ahmad menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru olahraga MA se-Jawa Tengah dan KKMA yang telah menginisiasi kegiatan olahraga ini. Musta’in juga mengucapkan terima kasih kepada Kota Solo (Surakarta) sebagai tuan rumah POPMA. Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan prestasi Jawa Tengah di tingkat nasional seperti Gebyar PAI, MQK (musabaqah qiraatul kutub) termasuk KSM dan peserta MYRES dengan jumlah peserta terbanyak. Musta’in mengingatkan bahwa dalam kompetisi tidak ada winner dan loser, namun adanya hanya winner dan learner.

“Dalam kompetisi madrasah yang ada pemenang dan learner yakni orang yang terus belajar dan berlatih kembali. Mudah-mudahan kalian semua menjadi pemenang. Kalaupun belum bisa mengangkat trofi, kalian punya kesempatan untuk belajar dan berlatih kembali,” kata Mustain.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menyambut acara ini dengan baik. Teguh juga berterima kasih karena telah mempercayai Kota Bengawan sebagai tuan rumah POPMA.  “Kita ini Jawa Tengah. Jawa Tengah harus nomor satu di Indonesia. Khususnya untuk Madrasah Aliyah, tidak hanya prestasi dalam akademik tapi juga seni, budaya, olahraga,” ujar Teguh.

Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan penampilan defile kontingen dari kabupaten/kota se-Jateng termasuk kontingen Pemalang. Kontingen Pemalang yang mengikuti event POPMA ini sebanyak 16 orang, dengan diketuai oleh Andi Ahmad, guru MAN Pemalang. (hbb/fi/rf)