KSM 2022 Resmi Dibuka, Ratusan Siswa Berkompetisi Maju Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang –Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 tingkat Kabupaten Rembang resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah.

Upacara pembukaan ini ditandai dengan pelepasan balon di udara dan pemukulan bedug pada Jumat (12/8/2022) di halaman MAN 2 Rembang.

Fatah mengatakan, kompetisi adalah hal yang lumrah ada di kehidupan kita. “Sejak kecil kita sudah dihadapkan dengan kondisi yang penuh kompetisi. Karena itu, ikutilah KSM ini dengan penuh semangat,” seru Fatah kepada ratusan siswa yang menjadi peserta upacara.

Dia menambahkan, KSM tahun ini spesial karena pertama kali diadakan kembali setelah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi. “KSM tahun ini menjadi momen yang spesial. Semangat Madrasah kembali menggelora dengan mengirimkan banyak siswa di ajang KSM ini,” ujar Fatah.

Upacara pembukaan ini diikuti oleh sekitar 500 peserta. Terdiri atas Kepala Madrasah, guru pembimbing dan siswa.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Sya’dullah mengatakan, KSM ini diikuti oleh siswa dari jenjang MI, MTs dan MA di Kabupaten Rembang. Adapun total peserta yaitu 112 madrasah itu terdiri atas 46 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 45 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 21 Madrasah Aliyah (MA). Bagi pemenang, akan berhak maju di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Sebelum pelaksanaan KSM Kabupaten, akan diadakan KSM uji coba pada 10-11 Agustus 2022,” kata Sya’dullah.

Adapun materi yang akan dilombakan yaitu :

MI : Matematika dan Sains
MTs : Matematika, IPA dan IPS
MA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi

KSM ini akan diadakan pada 13-15 Agustus di MAN 2 Rembang. Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi mengatakan, pihaknya menyediakan tiga ruangan kelas digital. “Di kelas digital ini sudah tersedia perangkat komputer di setiap meja,” sebut Kasnawi. iq/rf