Manfaatkan Libur Nasional Untuk Bersih Selokan MTs Negeri 2 Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menciptakan kualitas hidup yang nyaman dan tentram terlebih dilingkungan pendidikan. Liburan dua hari berurutan Minggu-Senin (15-16 Mei 2022) bukan menjadi alasan untuk beraktivitas, justru liburan tersebut dimanfaatkan untuk membersihkan selokan utama yang ada di depan pagar MTs Negeri 2 Rembang.

Hal tersebut untuk menciptakan kenyamanan dalam kawasan madrasah  dengan membersihkan selokan air yang terdapat dalam kawasan MTs Negeri 2 Rembang.  Kegiatan ini tidak melibatkan seluruh komponen madrasah. 

“Karena ini adalah hari libur nasional tentunya banyak guru dan staf tata usaha banyak yang memanfaatkan untuk acara keluarga, karena itu kami mengambil tenaga kerja dari luar,” ujar Suryo Hadi Broto, Kepala Tata Usaha MTs Negeri 2 Rembang. 

Broto mengatakan, selokan yang ada di depan madrasah menjadi muara aliran air sehingga dengan cepat sampah dan pasir tertimbun di selokan. Terlebih saat hujan turun membuat tidak sedap dipandang mata. 

“Tujuan pembersihan selokan ini adalah untuk dapat menciptakan kenyamanan dan ketentraman  bagi siswa dan guru di madrasah  dalam menjalani aktivitas dan kewajiban kesehariannya di madrasah. Selain itu, selokan yang bersih akan memberikan pandangan yang sangat indah dan juga lingkungan yang nyaman dalam komunitas madrasah,” katanya.

Selokan yang  memiliki panjang sekitar 50 m dengan lebar 1,5 m dan kedalaman 1,5 meter yang terbentang di depan pagar madrasah menjadi genangan air dan tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk .

Fokus utama dalam membersihkan adalah mencabut rumput-rumput di selokan yang menghalang air untuk mengalir, membersihkan sampah dan mengeruk tanah yang tertimbun di dalam selokan tersebut. 

“Membersihkan selokan agar menjadi agenda rutin selanjutnya dalam mewujudkan lingkungan sehat yang sangat efektif. Kami akan mengagendakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan selokan sehingga dapat  mencegah banjir dan nyamuk demam berdarah. Jangan sampai kedepannya kita terlambat lagi hingga sampah menumpuk seperti ini,” kata Suryo Hadi Broto. (Wient/iq/rf)