Cegah Stunting, Siswi MTsN 1 Rembang Ikuti Aksi Bergizi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang — Dinas Kesehatan Rembang melaksanakan Kampanye Aksi Bergizi di di MTs Negeri 1 Rembang pada Selasa (16/5/2023). Sebanyak 180 siswi MTsN 1 Rembang mengikuti kegiatan dengan antusias di Mushola Al Ikhlas MTsN 1 Rembang. Kegiatan Aksi Bergizi diadakan guna pencegahan berbagai penyakit karena kekurangan gizi pada remaja putri.

Kepala MTsN 1 Rembang, Ahmad Suhadak Sholikin mengatakan, kampanye Aksi Bergizi di MTs Negeri 1 Rembang ini mengedukasi para siswi untuk mengkonsumsi protein hewani dan TTD (Tablet Tambah Darah) agar mampu mencegah anemia pada remaja putri Kabupaten Rembang.

“Kegiatan ini memang benar sasarannya untuk siswi MTsN 1 Rembang, di mana indeks stunting Kabupaten Rembang yang masih tinggi harus bisa segera diturunkan yaitu dengan perbaikan status gizi remaja putri. Karena remaja putri ini akan menjadi calon pengantin, ibu hamil yang akan menghasilkan generasi tidak stunting,” ucap Suhadak di sela kegiatan.

Purwantini, pengelola UKM (Unit Kesehatan Madrasah) MTsN 1 Rembang langsung menindaklanjuti hasil kegiatan ini. Dia mendata 20 siswa yang ternyata anemia dengan Hb yang rendah dan mengkhawatirkan. Sehingga proses berikutnya adalah cek feses yang akan langsung dipandu oleh dinas kesehatan Kabupaten Rembang dan UPT Puskesmas Lasem.

“Semoga ke depannya siswi MTs Negeri 1 Rembang terhindar dari anemia. Semua rutin mengkonsumsi TTD yang selalu dibagikan pihak UKM secara rutin,” kata Purwantini.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 07.30 sampai 12.00 diisi dengan edukasi tentang kesehatan dan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan yang dilaksanakan yaitu mengukur lengan, tinggi, berat badan, dan kadar haemoglobin (Hb) siswi putri. Petugas kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dan UPT Puskesmas Lasem dan berjumlah 11 orang. Mereka mendampingi dan memeriksa siswa putri MTs Negeri 1 Rembang dengan baik dan senang hati, membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan secara keseluruhan.(iq/rf)