MTsN 2 Rembang Gandeng Puskesmas Adakan Screening Kesehatan Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – Puskesmas Pamotan mengadakan Pemeriksaan HB (Hemoglobin) bagi siswa putri Kelas VII MTs Negeri 2 Rembang pada Kamis (2/2/2023). Kegiatan ini untuk mendeteksi siswa putri usia produktif.

“Puskesmas Pamotan memiliki program cegah anemia pada remaja putri sehingga kami melakukan skrining siswa kelas 7 dan kelas 10 pada sekolah/madrasah di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Pamotan, ” tutur dr. Ferza mewakili Puskesmas Pamotan.

Kegiatan skrining diawali dengan penyuluhan Kesehatan dilanjutkan Skrining Anemia untuk mendeteksi siswa putri yang nota bene usia produktif. Dilanjutkan dengan pemeriksaan homoglobin (Hb). Selain pemeriksaan hemoglobin, Puskesmas Pamotan juga menggelar skrining Jiwa dan skrining merokok siswa kelas 7, 8 dan 9. Selain itu, ada pembagian tablet penambah darah untuk siswa putri kelas VII, VIII, dan IX.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Pamotan dengan melibatkan Guru BK dan Guru Pembina UKM (Usaha Kesehatan Madrasah) untuk membantu jalannya kegiatan skrining. Selaku Kepala Madrasah, Yunus Anis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas Pamotan yang melakukan deteksi anemia pada siswanya.

“Siswa yang terkena anemia cenderung mudah lelah, letih, lesu dan tidak bersemangat. Bagaimana bisa belajar maksimal jika tidak segera diatasi?” ujar Yunus Anis.–(wient/iq/rf)