MTsN 3 Rembang Buka Program Kelas Bilingual

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang siap menerima siswa kelas bilingual tahun ajaran 2022/2023. Kelas ini akan dijadikan kelas unggulan sebagai wujud profesionalitas serta sebagai wadah bagi siswa siswi yang mempunyai potensi dan bakat berbeda.

Kepala MTsN 3 Rembang, Masrum mengatakan, kelas ini diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat global. “Sekarang ini Bahasa Asing sangat dibutuhkan untuk generasi muda agar mereka siap memasuki dunia global,” kata Masrum.

Masrum mengatakan, pihaknya sudah mengadakan seleksi dan wawancara baik kepada siswa maupun orang tua wali pada 22 juni 2022 di  ruang serba guna MTs Negeri 3 Rembang.  “Sosialisasi dan wawancara ini dilaksanakan karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta didik serta atas komitmen dari orang tua wali,” kata Masrum.

Kegiatan sosialisasi dan wawancara kelas bilingual ini dibuka langsugn oleh bapak Kasubag TU Kankemenag Kabupaten Rembang, Moh. Mukson. Mukson menyampaikan, pada era sekarang ini bahasa sangatlah dibutuhkan, karena komunikasi tidak hanya dilakukan oleh satu bangsa saja,  tetapi sudah global mendunia sehingga membutuhkan bahasa yang bisa menjembatani interaksi mereka.

“Pada era saat ini, ilmu bahasa sangatlah penting, karena mobilitas manusia sudah tinggi tidak hanya berkutat pada satu negara saja akan tetapi sudah banyak negara bahkan global. Katena itu sangatlah dibutuhkan sebuah bahasa yang bisa menjembatani interaksi mereka, bahasa yang dimaksud adalah bahasa inggris yang sudah diakui sebagai bahasa yang paling banyak dipakai dalam komunikasi dunia” katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, MTsN 3 Rembang menangkap hal itu, sehingga ingin memberikan ilmu bahasa kepada siswanya yang memang mempunyai bakat dan kemampuan dalam hal itu. “Karena itu saya berharap orang tua wali bisa bekerja sama dengan madrasah dalam mengembangkan kelas unggulan ini, karena kelas unggulan ini membutuhkan sarana prasarana yang banyak dan modern,” tandasnya. 

Ketua Program kelas unggulan bilingual Asmu’i mengatakan, banyak siswa madrasah yang mempunyai bakat yang tinggi dibidang bahasa dan science. Sampai sejauh ini bakat mereka belum bisa dimaksimalkan karena berbagai hal. ” Kita mempunyai banyak siswa siswi yang mempunyai bakat yang berbeda, salah satu bakat mereka adalah dibidang bahasa dan science. namun sayang sampai saat ini kita belum bisa memaksimalkan bakat mereka. Maka dari itu mulai tahun ini kami membuka kelas unggulan dimana akan diisi oleh siswa siswi yang mempunyai bakat dan prsatasi yang bagus di bidang bahasa dan science,” katanya.

Kontributor Berita : Burhan Effendi, M.Pd

Editor : Shofatus Shodiqoh/Surifah