Pejabat Kunjungi Tenda Jemaah Haji SOC 09

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Mina — Berkah untuk jemaah haji kloter 09 SOC tampaknya belum berhenti. Setelah 3 hari yang lalu diberangkatkan secara langsung ke Arafah oleh Menteri Agama, pada Sabtu 9 Juli 2022 tenda kloter 09 di Mina kembali mendapatkan kunjungan istimewa.

Malam itu sekitar pukul 21.00 WAS para pejabat Kementerian Agama baik pusat maupun wilayah berkunjung menyambangi jamaah haji kloter 09 dari Rembang dan Kudus.

Nampak hadir dalam kunjungan tersebut antara lain Kakanwil Jateng, Musta’in Ahmad, Profesor Abu Rahmat sebagai staf ahli Menteri Agama, Wibowo Prasetyo sebagai Staf Khusus Menteri Agama, dan Nur Faizin dari Kabiro Humas Setjen, serta dua orang pengawas internal penyelenggaraan haji dari Inspektorat Jenderal Kemenag.

Para pejabat tersebut menyempatkan untuk berdialog dengan para jamaah haji dari kloter 9 SOC yang berasal dari Rembang dan Kudus. Isi dialog meliputi kepuasan jamaah tentang pelayanan akomodasi di Mina serta pelayanan dari petugas kloter.

“Rata-rata jamaah merasa puas dengan pelayanan akomodasi di Mina serta kepiaweaian petugas dalam melayani jamaah,” kata Fahimi sebagaimana dalam keterangan tertulisnya, 10 Juli 2022.

Fahimi menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag yang sebagai PPIH yang merespon cepat keluhan yang disampaikan jemaah. “Memang sempat, di awal kedatangan jemaah haji kloter 09 SOC, ada sekitar 50 jemaah tidak kebagian kasur dan bantal.

Hal tersebut segera dilaporkan ketua kloter ke Maktab, serta tembusan laporan disampaikan secara online kepada Kakanwil. Alhamdulillah tidak sampai satu hari kiriman tambahan bantal dan kasur segera terpenuhi,” aku Fahimi.

Para pejabat tersebut juga sempat menegur pegawai maktab yang menjanjikan layakan teh dan kopi setiap waktu, tetapi ternyata belum sampai di jamaah. “Ternyata layanan tersebut diberikan apabila jemaah mau mendatangi bagian dapur untuk membuat teh dan kopi disana. Dialog berlangsung cukup hangat diwarnai dengan guyonan para pejabat tersebut kepada jemaah,” tambah Fahimi.

Setelah para jemaah berangkat tidur untuk istirahat, para pejabat tersebut keliling tenda beberapa tenda memantau kondisi. Didampingi oleh ketua kloter dan pembimbing ibadah kloter 09 SOC, para pejabat tersebut sempat menemukan AC bocor ditenda kloter SOC 10 yang berdekatan dengan SOC 9. “Dengan cepat hal tersebut dilaporkan ke maktab dan segera diperbaiki,” kata Fahimi.

Usai pantauan dini hari, para pejabat tersebut di dampingi oleh Ketua Kloter, pembimbing ibadah, dokter dan paramedis kloter 09 SOC, mereka langsung melaksanakan prosesi lempar jumroh hari kedua.

Mina, 10 Juli 2022

Kontributor : Ahmad Fahimi

Editor: Shofatus Shodiqoh/rf