Penentuan 1 Ramadan 1444 H, Hilal di Watu Layar  Rembang Terhalang Mendung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Hilal sebagai penanda 1 Ramadan 1444 H gagal terlihat di Pos Observasi Bulan (POB)  Watu Layar, Lasem, Rembang. Hal ini dikarenakan hilal terhalang mendung.

Demikian dilaporkan dari Watu Layar, Lasem Rembang ketika rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan 1444 H yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan Kementerian Agama Kabupaten Blora pada Rabu (22/3/2023).

Rukyatul Hilal ini diadakan tepat pada pukul 17.35 WIB, 10 menit menjelang waktu magrib. Tim rukyatul hilal yang terdiri atas Kemenag Rembang, Kemenag Blora, Badan Hisab Rukyah (BHR) Kemenag Rembang, dan Lembaga Lajnah Falakiyah Kabupaten Rembang, masih belum bisa melihat hilal.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan, kondisi mendung di mana langit agak gelap di sisi utara menjadikan hilal sulit terlihat kendati dengan memakai alat teleskop dan teodolit. “Tadi siang cuaca masih cerah, tapi menjelang magrib sudah mulai mendung. Ini menjadikan kita sulit melihat hilal,” jelas Ali ketika diwawancara di sela Rukyatul hilal.

Ali menjelaskan, dipilihnya lokasi POB Watu Layar karena lokasi yang strategis, dibandingkan lokasi lainnya yaitu Pantai Karangjahe dan Pantai Wates. “Lokasi Watu Layar tinggi dan menghadap laut. Namun lagi-lagi kali ini terhalang mendung,” kata Ali.

Hasil rukyatul hilal ini telah dilaporkan langsung ke Kemenag RI pada pukul 18.20 WIB untuk sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1444 H.

Rukyatul Hilal ini digelar dengan menggunakan 2 teleskop dan 3 teodolit. Turut hadir dalam rukyatul hilal ini pakar Falakiyah asal Rembang, KH Zainal Abidin dan Kasi Bimas Islam Kemenag Blora, Kholid dan pakar falakiyah Kemenag Blora, Lu’ayyin.

Lu’ayyin mengatakan, ijtima’ terjadi pada Rabu pahing, 22 Maret 2023 pada pukul 00.27.51 WIB.  Hasil perhitungan ijtima’, matahari terbenam pada pukul 17.45 WIB Dan bulan terbenam pada 18.20 WIB.

Zainal Abidin menambahkan, meskipun hilal jarang terlihat di Rembang, namun rukyatul hilal harus tetap dilakukan untuk ibadah.

Sebagaimana diberitakan, hasil sidang isbat Kemenag RI pada Rabu malam (22/3/2023), menentukan 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.– iq/nike/rf