Penyuluh Sampaikan Hikmah Puasa kepada Siswa SMP 2 Gunem

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KUA Gunem — Menyemarakkan Ramadan 1444 H, SMP 2 Gunem bekerja sama dengan KUA Gunem menggelar pesantren kilat pada Rabu (5/4/2023). Sanlat ini melibatkan Penyuluh Agama Islam KUA Gunem.

Kegiatan santri kilat diadakan setiap tahun sekali. Materi keagamaan diisi oleh Penyuluh. Tema yang disampaikan di antaranya hikmah puasa, hikmah shalat, pentingnya ilmu tajwid dan pentingnya meneladani akhlaq Nabi Muhammad SAW.

Penyuluh Agama Islam KUA Gunem, Nur Salam, menyampaikan beberapa hikmah puasa. Di antaranya meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, bersikap lebih sabar dan peduli terhadap sesama, menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat, menumbuhkan sikap saling berbagi dan seimbang, melembutkan hati dan mengendalikan syahwat, membersihkan jiwa dan memenangkan pikiran.

Bashori selaku Kepala SMP 2 Gunem menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya dengan Penyuluh Agama. Sehingga kegiatan Ramadhan di sekolah semakin padat, semakin bernuansa Islami dan berkah bagi kita semua. “Kami sampaikan terima kasih kepada Penyuluh Agama Islam yang telah memberikan kajian Islam kepada peserta didik. Ini merupakan pencerahan dan memperdalam pengetahuan tentang Islam, sehingga bermanfaat untuk membentuk karakter anak didik,” kata Bashori.

Selain itu, pihaknya juga sangat merasakan manfaatnya dengan adanya sanlat ini, sehingga memberikan efek semakin baik yaitu terbentuk akhlaq terpuji bagi siswa-siswinya. Ia berharap kegiatan seperti ini tetap istiqomah setiap bulan Ramadhan datang, karena bulan ini merupakan bulan mulia. — Abidah/iq/rf