“Percikan Pengabdian Guru”, Buku Karya Yuni Kurniawati Kisahkan Perjuangan Guru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang – Gerakan Literasi Nasional merupakan Gerakan yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016. Gerakan ini sebagai induk gerakan literasi secara nasional yang telah menyinergikan berbagai program dan kegiatan lintas sektor.

Gerakan ini merupakan implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yang dapat memperkuat sinergi antar unit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.

Menyambut baik GLN tersebut, Guru MIN 1 Rembang, Yuni Kurniawati menyusun buku bertajuk “Percikan Pengabdian Guru”. Buku ini merupakan antologi cerpen berisi beberapa cerita dengan beragam tema yang memiliki kisah menarik untuk dibaca.

Yuni mengatakan, buku ini berkisah tentang Perjuangan anak mencapai cita-cita menjadi guru dan dan perjuangannya setelah menjadi guru. “Kehadiran buku berjudul “Percikan Pengabdian Guru” tidak lain adalah sebagai upaya mendukung program pengembangan kemampuan literatif sekaligus sebagai bukti bahwa pendidik (guru dan dosen) bahkan masyarakat umum mampu “mencipta” suatu karangan melalui proses kreatif (perenungan dan pemikiran). Kami guru juga memiliki kepekaan menangkap problem kehidupan,” kaya Yuni, Senin (5/12/2022).

Di buku ini, pembaca bebas menikmati buku ini dengan caranya masing-masing, mau membaca secara berurutan maupun secara acak tidak ada masalah karena masing-masing cerita berdiri sendiri. Yuni juga mengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga, teman-teman guru di MIN 1 Rembang. “Terkhusus kepada Bapak Syaihul Muhlis, sebagai mentor yang telah berkenan memberi kata pengantar pada buku ini, serta masukan dari berbagai pihak sehingga bisa menyelesaikan karya sederhana ini,” ungkap Yuni. – yn/iq/rf