Petakan Kemampuan Literasi Siswa, MIN 2 Rembang Gelar AKMI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 2 Rembang – MIN 2 Rembang menggelar AKMI ( Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 19- 20 September 2022. Kegiatan AKMI diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 dan dilaksanakan di kelas 5 MIN 2 Rembang.

AKMI ini terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30-10.00 WIB. Sesi kedua pada pukul 10.30-13.00 WIB. Bertindak sebagai pengawas yaitu guru kelas 5 A dan 5 B.

Siswa siswi kelas 5 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan AKMI karena ini merupakan pertama kali mereka mengikuti AKMI ini. Selama pelaksanaan, AKMI yang digelar dengan system CBT ini berjalan lancar. Semua siswa mengaku lancar terkait sinyal.

Kepala MIN 2 Rembang, Badrudin mengatakan, tujuan AKMI adalah yaitu untuk pembiasaan literasi pada siswa, serta untuk memperoleh informasi tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis.

Badrudin menjelaskan, kegiatan AKMI ini penting untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berliterasi. Hal ini mengingat saat ini, siswa siswi kurang bersemangat dalam berliterasi. Maka perlu adanya pembiasaan dalam berliterasi, dibantu juga dengan digitalisasi yang tentunya akan menarik minat siswa dalam berliterasi.

” Dengan adanya AKMI ( Asesmen Kompetensi Siswa Madrasah) ini dapat mengetahui sejauh mana siswa siswi mampu berpikir kritis dan  berliterasi. Hasil dari asesmen akan menjadi tolak ukur kita dalam memperbaiki literasi siswa siswi,” ungkapnya.

“Semoga dengan adanya asesmen ini, siswa siswi lebih tertarik dalam pembiasaan literasi berbasis digitalisasi,” pungkas Badrudin. (ty/sq/rf)