Praktikkan Manasik Ramah Lansia, KUA Kaliori Layak Jadi Manasik Percontohan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KUA Kaliori – Wajah-wajah berseri mencerminkan kebahagiaan terlihat pada 81 calon jama’ah haji, saat mengikuti manasik haji pada hari terakhir, Senin (22/5/2023).

Di dampingi oleh pembimbing haji, KH Mustain Mansur dan Ibu Nyai Hj Ruchbah, calon jemaah haji memakai ihrom dan towaf di halaman Kecamatan Kaliori. Kemudian dengan dikawal petugas dari Polsek Kaliori, jemaah menuju lapangan sepak bola Desa Wiroto untuk mempraktikkan Wukuf di Arofah. Setelah usai, jemaah menuju Dresi Wetan untuk mengambil batu kecil. Dan selanjutnya menuju lapangan Dresi Kulon melakukan lempar jamarot.

Kasi PAI Kemenag Rembang, Sarip mengadakan monitoring pada manasik haji ini. Dalam sambutannya, Sarip memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KUA Kaliori yang telah menyelenggarakan manasik haji dengan sangat baik, dengan menerapkan metode praktis yang bisa langsung difahami oleh jemaah, utamanya bagi yang usianya sudah tua. “Menurut saya, manasik KUA Kaliori ini layak menjadi percontohan manasik haji yang diselenggarakan di lingkungan Kemenag Rembang. Selanjutnya saya akan menyampaikan hasil monitoring ini kepada Bapak Kakankemenag, mudah – mudahan KUA Kaliori menjadi inspirator dan percontohan,” jelas Sarip.

Ia juga berharap kepada jemaah, ketika menunaikan haji di Haramain, hendaklah saling bantu-membantu satu sama lain. Dan tak kalah penting lagi, agar menjaga nama baik Indonesia, Jawa Tengah dan lebih khusus lagi kabupaten Rembang. Karena nanti akan terekspos di media internasional.

“Kami mewakili pejabat Kemenag Rembang hanya bisa mendoakan, semoga para jemaah diberkahi kesehatan, kemudahan, dan pulang dengan selamat menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KUA Kaliori, Moh. Ali Akhyar bersyukur atas terselenggaranya manasik tahun ini. “Saya mewakili teman-teman di KUA Kaliori merasa bersyukur sekaligus bangga , karena apa yang telah kami lakukan mendapat apresiasi dan penghormatan yang tinggi dari petugas monitoring Kemenag Rembang,” ucapnya singkat.

Di tempat terpisah, Kepala KUA Sumber, Moh. Jabar Alif bersyukur dan merasa senang atas terselenggaranya manasik tahun dengan lancar dan baik. “Kepada semua pihak, baik dari Forkompimcam, Polsek, teman-teman Penyuluh Agama Kaliori dan juga para duyufurrohman, tamu-tamu Alloh, kami menyampaikan banyak terima kasih. Sehingga manasik berjalan baik,” pungkasnya.(iq/rf)