Rapat Koordinasi Persiapan Tuan Rumah Tarhim 1444 H/2023 M

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Tarhim (Tarawih Silaturahim) bertempat di Masjid Al Firdaus Kantor Kementereian Agama Kota Salatiga, Senin (27/3/2023). Tampak hadir para Kasi dan Penyelenggara, Humas, Kepala KUA, Penyuluh dan Kepala Madrasah

Nurcholis, Kasubbag TU Kankemenag Kota Salatiga mewakili Kepala Kantor pada saat dalam sambutannya mengatakan kegiatan safari tarawih silaturahim merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga. Maka pada bulan Ramadhan 1444 H/2023 M dengan kondisi yang semakin membaik dari pandemi Covid 19 menuju endemi, maka pemerintah telah melonggarkan masyarakat untuk bisa menunaikan sholat tarawih di masjid atau musholla, asalkan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Kita harus memperbanyak  syukur dikarenakan kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan seperti pada saat ini, dan  kita dapat mengikuti kegiatan tarhim lagi setelah adanya pandemi yang melanda negeri tercinta Indonesia,” tutur Nurcholis.

Nurcholis  mengatakan sesuai jadwal tarhim PHBI yang telah disepakati pada rapat sebelumnya Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga berketempatan sebagai tuan rumah tarhim putaran ke 9, tepatnya hari Jum’at, tanggal 31 Maret 2023. Berhubung Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga pada saat ini dalam persiapan renovasi gedung maka pelaksanaan tarhim  bertempat di MAN Salatiga.  Maka untuk mempersiapkan hal itu diadakan rakor dengan pembentukan kepanitiaan.

Ditambahkan oleh Nurcholis, apabila kepanitian telah terbentuk, para panitia untuk bisa mempersiapkan segala administrasi persuratan, transit tamu, lokasi sholat tarawih, sound system, dan merancang segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tarhim.

Rakor menghasilkan susunan kepanitian yaitu Ketua: Kasubag TU, Wakil Ketua: Kasi Bimas Islam, Bendahara: Ulish Shihah,  Sekretaris: Penyuluh Agama Islam Fungsional, Ahmad Choerudin dan seksi-Seksi diantaranya Seksi Konsumsi, Seksi Among Tamu, Seksi Acara, Seksi dokumentasi dan Publikasi, Seksi Pentasarufan, Seksi Perlengkapan dan Seksi Keamanan, Parkir dan Kebersihan.

Rencananya kegiatan selain sholat tarawih silaturahim berjamaah juga akan diberikan santunan pada pada 8 asnaf yang berhak menerima zakat dari BAZNAS Kota Salatiga.(Humas/Khusnul/Sua).

 

Related Posts