Sejumlah Vihara di Rembang Adakan Peringatan Tri Suci Waisak 2567 BE

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Perayaan Waisak di Rembang pada Minggu (4/6/2023) diadakan di beberapa vihara. Yaitu Vihara Damma Ratana Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan, Vihara Ratanavana Arama Desa Sendangcoyo Kecamatan Lasem, dan Vihara Karunachatta Desa Sumberejo Kecamatan Rembang.

Eka Kurniati, warga Buddha Desa Pandangan, Kecamatan Kragan memperingati Waisak di Vihara Damma Ratana Desa Pandangan Wetan. Pada perayaan Waisak ini, diadakan pradaksina 3 kali dengan memutari vihara, dilanjutkan penyalaan lilin dan dupa oleh Atthasilani. “Sesudah itu ada nanakara Patha. Jemaah terdiri atas anak-anak sekolah minggu dan sesepuh, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu,” kata Eka.

Pesan Waisak disampaikan oleh Atthasilani menjelang detik-detik Waisak. Dilanjutkan dengan pelimpahan jasa, pemercikan tirta, potong tumpeng, berdana, menyanyikan lagu malam suci Waisak, dan sujud kepada orang tua masing-masing.

Pelaksanaan ritual ini mendapatkan perhatian dari petugas keamanan (Kepolisian setempat) dengan ketat. Upacara berlangsung dengan lancar dan aman.

Sebagaimana diberitakan di laman kemenag.go.id, Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi memberikan sambutan dalam rangka Hari Tri Suci Waisak 2567BE/2023 pada Minggu (4/6/2023) di Candi Borobudur, Magelang.

Hadir Para Bhikkhu Sangha baik dari dalam dan luar negeri, Ketua Panitia Nasional Hari Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 Hartati Murdaya yang sekaligus Ketua Umum Walubi beserta jajarannya, Perwakilan dari Permabudi, Pimpinan Majelis Agama Buddha, serta Tokoh dan ribuan Umat Buddha.(iq/rf)