Sekolah Diminta Adakan Giat Ramadhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Jelang Ramadhan, sekolah diminta aktif menggelar kegiatan Ramadhan 1438 H. Himbauan ini disampaikan oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang melalui Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Ruchbah, beberapa waktu lalu.

Ruchbah mengatakan, himbauan terkait giat Ramadhan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tengah Mei lalu. Pihaknya telah menyampaikan himbauan ini dengan melayangkan surat kepada sekolah umum, mulai SD negeri/swasta, SMP negeri/swasta, dan SMA/SMK negeri/swasta.

“Terkait himbauan ini, kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan  setempat, dan Pengawas PAI.

Ruchbah mengatakan, Giat Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa di sekolah. Pada hari pembelajaran aktif, sudah ada Rohis di masing-masing sekolah. Organisasi ini merupakan organisasi kerohanian siswa sebagai sarana berkegiatan memperdalam kajian Islam.

“Sedangkan Giat Ramadhan ini adalah kegiatan berkelanjutan dalam beberapa hari berturut-turut, di mana siswa bisa fokus menjalankan ibadah puasa dengan berbagai kegiatan yang positif, terutama mengaji atau kegiatan keagamaan lainnya,” kata Ruchbah.

Ruchbah mengatakan, sesuai dengan surat Edaran Kakanwil tersebut, Giat Ramadhan bisa diadakan dalam kegiatan yang berbeda, sesuai kondisi sekolah. “Kegiatan Ramadhan ini bisa diadakan dalam bentuk Pesantren Kilat dan sejenisnya, disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing,” kata Ruchbah.

Dengan Giat Ramadhan ini, Ruchbah berharap bisa menghindarkan siswa dari kegiatan yang negatif selama bulan Ramadhan. “Sebaliknya, siswa mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan memahami bahwa esensi Ramadhan tak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga untuk meningkatkan ibadah,” pungkasnya. — ss/bd