Semangat Upacara, Bukti Kecintaan kepada Negara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Semangat ASN mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda diapresiasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah. Hal ini karena persiapannya yang sangat singkat, namun pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap ASN Kemenag Rembang. Karena hanya semalam kita mempersiapkan upacara, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” kata Fatah kepada peserta upacara. Uapcara Hari Sumpah pemuda digelar pada Jumat (28/10/2022) di halaman Gedung PLHUT Kemenag Rembang.

Fatah mengatakan, semangat ASN dan karyawan mengikuti upacara ini merupakan kecintaan kepada tanah air. “Kita sadar bahwa kemerdekaan Indonesia telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa. Termasuk para tokoh pemuda yang mencetuskan Sumpah Pemuda. Kita patut bersyukur atas kemerdekaan ini dan menghargai perjuangan pahlawan dengan bersungguh-sungguh berbuat yang terbaik untuk bangsa. Termasuk dengan bersemangat melaksanakan upacara Sumpah Pemuda ini,” papar Fatah.

Dalam upacara pengibaran bendera ini, Fatah membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali. Dikemukakan, Sumpah Pemuda 28 Oktober memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur. “Bagaimana berbagai kepentingan menjadi kekuatan, ukan sebagai factor yang melemahkan,” katanya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudka kejayaan Indonesia. “Tema  Bersatu Membangun Bangsa, memberikan pesan mendalam bahwa Bersatu padu adalam harga mati yang harus dikuatkan untuk pembangunan peradaban yang unggul. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” papar Fatah.

Selama upacara, peserta mengikuti rangkaian acara dengan khidmat. Tim paduan suara menyanyikan satu nusa satu bangsa dan Bangun Pemuda-Pemudi. — iq/bd