Sempat Tergesa-gesa, Jemaah Haji Kloter 09 SOC Tiba di Makkah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Mekkah — Proses pemberangkatan jemaah haji kloter 09 SOC dari Madinah menuju Mekkah, sempat terjadi sedikit permasalahan. Namun pada akhirnya proses pemberangkatan tersebut dapat terlaksana dengan lancar.Ketua kloter 09 SOC, Ahmad Fahimi mengatakan, permasalahan tersebut bermula dari informasi, kloter 09 SOC harus meninggalkan Hotel arjuan Assalam pada pukul 06.00 pagi WAS. Dalam keterangan tertulisnya Sabtu (18/6/2022) mengatakan, ketua kloter melalui karu dan karom telah menginformasikan kepada jemaah agar barang-barang jamaah harus dipersiapkan pada pukul 03.00 WAS dini hari. Baik koper besar maupun koper kecil sudah harus diturunkan di lobby hotel untuk dimasukkan ke dalam bus oleh petugas.

“Kami sudah menyampaikan kepada jemaah hendaknya tidak usah salat subuh di Masjid Nabawi untuk menghindari keterlambatan pemberangkatan, mengingat hitungan arbain jamaah haji sudah tepat 40 kali pada waktu isya. Namun ternyata ada beberapa jemaah haji yang masih nekat untuk melaksanakan salat subuh di Masjid Nabawi,” paparnya. Padahal, jemaah haji kloter 09 SOC harus segera naik bus sekitar pukul 04.30,karena ternyata kloter 20 SOC sudah datang untuk menempati hotel tersebut. Hal ini membuat sedikit terjadi kekacauan karena jamaah bercampur dengan 20 SOC yang baru datang.

“Dengan perjuangan keras para petugas sektor 3, petugas kloter maupun karu-karom akhirnya semua jamaah 09 SOC dapat masuk ke dalam bis. Walaupun masih sempat mencari seorang jamaah perempuan yang masih salat Subuh di masjid Nabawi,” lanjut Fahimi. Tepat pukul 05.15 WAS, semua jemaah sudah masuk ke bus dan langsung diberangkatkan. Bus tidak langsung menuju kota suci Mekkah tetapi berhenti dulu di masjid bir Ali untuk mengambil miqat ihram umroh wajib. “Di Bir Ali, jemaah turun dari bus untuk mengambil wudhu dan melaksanakan salat sunnah ihram. Di Bir Ali kondisi cuaca sangat sejuk tidak sepanas di kota Madinah. Keadaan pun tidak terlalu ramai sebagaimana yang ditakutkan para petugas kloter ketika jamaah transit Bir Ali. Bahkan oleh petugas sektor bir Ali jamaah diperbolehkan untuk mengambil foto bersama,” sambung Fahimi.

Bus selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju kota suci Mekkah dan tepat pukul 12.00, bus akhirnya tiba di hotel Al kiswah jarwal. Kloter 09 soc ditempatkan di tower 2 Hotel Al kiswah di lantai 4 5 dan 6, Mekkah. — Fahimi/iq/Rf

Mekah, 18/6/2022