Tiga Siswa MTsN 1 Pati Borong Juara OBA Kabupaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Tiga siswa MTsN 1 Pati borong Juara 1, 2, dan 3 Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 Kabupaten Pati pada Sabtu, (20/8). Mereka adalah Abdurrahman Ahmad Al Fatah (juara 1), Putri Amelina Zahratusita (juara 2), dan Muhammad Daffa’ Aushaf (juara 3). Ketiganya berhak melaju dalam ajang Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat provinsi yang akan digelar pada 3 September 2022 mendatang. Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ini diselenggarakan oleh Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia.

Abdurrahman Ahmad Al Fatah mengatakan bahwa dirinya bersyukur dapat memperoleh juara 1 sekaligus tidak menyangka karena ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti kompetisi. “Alhamdulillah, sangat senang dan tidak pernah menyangka bisa menjadi juara 1 dalam OBA Kabupaten Pati,” kata Fatah, Senin, 22/08

Fatah mengungkapkan jika selama mengikuti lomba, ia tidak memiliki strategi khusus. Ia hanya belajar, patuh kepada pembimbing, dan berdoa. “Tidak ada strategi khusus. Kiat-kiatnya, saya belajar, mengikuti arahan guru pembimbing, dan yang terpenting doa. Terima kasih kepada Bapak Ibu guru dan pegawai MTsN 1 Pati yang selalu mendoakan kami sehingga bisa menjadi juara,” imbuhnya.

Secara khusus, ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada kedua guru pembimbingnya. “Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih untuk Ibu Laila dan Miss Ina yang telah membimbing saya dari pagi sampai malam dan memberi ilmunya kepada saya,” pungkas Fatah.

Salah satu guru pembimbing, Lailatun Ni’mah, mengungkapkan bahwa capaian peserta didiknya ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan melainkan awal untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. “Prestasi ini bukan akhir perjuangan, tapi ini justru merupakan awal perjuangan mereka untuk dapat memperoleh prestasi yang lebih tinggi,” ucapnya.

Sebagai bekal untuk persiapan melaju di tingkat provinsi, Laila menuturkan bahwa siswa-siswinya tersebut akan mengikuti pembimbingan secara intensif. “Persiapan untuk maju di tingkat provinsi, kami mulai melakukan bimbingan kepada anak-anak setiap pagi dan malam. Selain bimbingan lahir, anak-anak juga kami ajak untuk bimbingan secara batin yaitu selalu berdoa dan meminta restu dari orang  tua,” jelas Laila.

Untuk memotivasi siswa-siswinya, Laila berpesan agar mereka tetap semangat belajar. “Teruslah semangat belajar anak-anakku. Mari kita syi’arkan Bahasa Arab, jangan lelah menggaungkannya di antero jagad raya karena bahasa Arab adalah Lughatu al muslimin, Lughatu Al Qur’an, wa lughatu ahlil jannah. Berikan prestasi terbaik untuk MTsN 1 Pati tercinta lewat bahasa Arab,” pesannya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati menyebutkan bahwa prestasi yang ditorehkan ketiga siswanya ini patut diapresiasi dan dihargai. “Sekecil apapun prestasi, wajib kita hargai. Selamat dan sukses atas prestasi terbaiknya di bidang Olimpiade Bahasa Arab,” ujarnya. Syafak berharap capaian prestasi ini merupakan perwujudan MTsN 1 Pati sebagai madrasah unggulan akademik-program unggulan bahasa asing. “Semoga ini sebagai wujud madrasah kita sebagai madrasah unggulan bidang akademik yang di dalamnya terdapat program unggulan bahasa asing. Mohon doanya semoga anak-anak tetap semangat dan sukses di tingkat provinsi,” harapnya.(TiM/at/Sua)