Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI Lakukan Pendampingan ZI di Kemenag Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati, Humas — Jelang penilaian Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati kedatangan Tim Penilai Internal (TPI) Zona Integritas dari Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Rabu, (21/6/2023).

Pendampingan ini dilakukan untuk mempersiapkan Kabupaten Pati dalam tahapan penilaian ZI menuju Wilayah Bebas dariĀ  Korupsi (WBK) oleh Menpan RB.

Tim Penilai Internal yang diketuai oleh Kastolan beserta dua orang anggota, Sanam dan Armadani, disambut langsung oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ahmad Syaiku yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pokja ZI Kankemenag Pati.

Kegiatan Pendampingan Persiapan Penilaian Pembangunan ZI menuju WBK pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati ini dijadwalkan selama 3 hari kerja yaitu terhitung dari tanggal 21 sampai 23 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Ahmad Syaiku mengucapkan selamat datang kepada TPI dan berharap kedatangan tim akan lebih memotivasi lagi sekaligus menyempurnakan eviden-eviden yang perlu disempurnakan untuk menghadapi penilaian Pembangunan Zona Integritas oleh Kemenpan.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kakankemenag memaparkan langkah-langkah dan progres pembangunan ZI menuju WBK pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, mulai dari membangun komitmen, melakukan sosialisasi dan menyamakan persepsi tentang ZI, mewujudkan perubahan mindset ASN dalam pelaksanaan tugas pelayanan.

Kemudian pembentukan perangkat ZI-WBK, penetepan pokja, pemilihan agen perubahan, menyusun program kerja dan rencana aksi, penandatangan fakta integritas, serta peningkatan kualitas SDM.

Disamping pemaparan Plt. KaKankemenag, juga diikuti dengan pemutaran video Profil Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

“Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin melaksanakan saran-saran dari tim penilai dengan sebaik-baiknya, dan kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, semoga Kankemenag Pati pada tahun ini bisa meraih predikat WBK dan pada akhirnya WBBM yang kita harap dan kita cita-citakan,” tambah Plt. KaKan Kemenag.

“Terima kasih kepada Tim Penilai Internal dan juga kepada kawan-kawan semua, keluarga besar Kankemenag Pati, serta tim efektif ZI-RB Kankemenag Pati atas kerjasama, kolektifitas dan komitmennya,” tutup KaKan Kemenag.

Sementara itu mewakili Tim Penilai dari Inspektorat Jenderal Sanam mengatakan, Tim Penilai Internal akan mengetahui secara langsung terkait pembangunan ZI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati termasuk pilot project satker WBK.

Sanam menjelaskan bahwa ada prinsipnya pendampingan yang akan dilakukan ini ada terdapat beberapa point penting yang akan dilalui, yang pertama perbaikan-perbaikan yang dirasa perlu, kemudian yang kedua penilaian berdasarkan fakta di lapangan kita akan cek nantinya.

“Apakah semua itu sudah sesuai dengan apa yang telah disampaikan atau belum,” jelasnya.

Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan akan mendapatkan hasil yang bagus dari Kemenpan nantinya.(at/Sua)