Tim Sekretariat Militer Presiden Verifikasi Lapangan Bimwin KeCanTol KaMu KUA Karanganom

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Verifikasi dan peninjauan lapangan calon penerima tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya Bupati Klaten tahun 2023 terhadap Bimwin KeCanTol KaMu (Bimbingan Perkawinan Kelas Calon Pengantin Online/Offline Karanganom Mantap dan Unggul) KUA Karanganom Tim Sekretariat  Militer Kepresidenan Republik Indonesia, Rabu, (21/6) di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Karanganom Klaten.

Kakankemenag Kabupaten Hariyadi mengatakan, pelaksanaan verifikasi ini merupakan bagian dari proses penangkapan Satya Lencana Wira Karya yang diajukan, selamat datang tim verifikasi dan silahkan untuk melakukan verifikasi lapangan.

“Ini sebagai tindak lanjut setelah Bupati Klaten Sri Mulyani diusulkan memperoleh penghargaan Satyalancana Wira Karya dalam bidang pembangunan dari Presiden Republik Indonesia tahun 2023,” tandas Hariyadi.

Dia menjelaskan Verifikasi ini merupakan proses pemeriksaan kebenaran dan kesesuaian antara karya inovasi yang diusulkan dengan data dan bukti yang disajikan pada saat pelaksanaan peninjauan lapangan.

Sementara itu Siti Isroyati, ketua tim verifikasi menyampaikan tanggapannya bahwa KeCanTOL KaMU sebagai sebuah inovasi bisa diakui Bupati Klaten sehingga inovasi ini sudah tidak bisa diakui oleh pihak lain. Inovasi ini sebagai salah satu program dari BKKBN untuk mengatasi stunting.

“Yang membuat beda dari KeCanTOL KaMU ini ada peran dari kepolisian dan masuknya tim penggerak (TP) PKK dengan materi KDRT dan Tata Kelola Keuangan Rumah Tangga. Karena kegiatan bimbingan bagi catin di PLKB, KUA, dan Dinkes hal tersebut sudah diinstruksikan,” tuturnya.

Selanjutnya, Poniran selaku Pelaksana Tugas (Plt) Camat Karanganom dan tuan rumah kegiatan penyambutan tim verifikasi Sekretariat Militer Kepresidenan RI mengungkapkan  rasa kegembiraan dan kebanggaannya atas kehadiran tim verifikasi di KUA Karanganom.

“Kehadiran tim verifikasi merupakan salah satu bentuk perhatian dari Presiden RI, Jokowi kepada pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka optimalisasi pelayanan public sesuai visi misi Bupati Klaten maju, mandiri, dan sejahtera,” imbuhnya.

Pada awalnya, tim verifikasi melihat secara langsung pelaksanaan KeCanTOL KaMU di aula Balai Nikah KUA Karanganom. Selanjutnya, tim verifikasi mendengarkan pemaparan dari inisiator KeCanTOL KaMU, Pipit Sri Handayani.

Pada kesempatan itu pula, tim verifikasi menanyakan secara langsung kepada sepasang catin terkait materi-materi yang disampaikan saat bimwin, temasuk aplikasi elsimil. Catin memberikan tanggapan bahwa materi yang disampaikan baru mereka ketahui dan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Terutama tentang elsimil dan kesehatan reproduksi karena bisa mereka menjadi tahu bagaimana menyiapkan generasi yang akan dilahirkan.(wn_aj/Sua)