081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

TPQ Pembentuk Generasi Qur’ani

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Lembaga Pendidikan Keagamaan, yaitu TPQ dan madrasah diniyah sangat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat, bahkan bangsa dan negara. Lembaga Pendidikan ini adalah Lembaga yang menelurkan generasi bangsa qur’ani.

Kepala KUA Kecamatan Kaliori, Ali Akhyar mengatakan, ia sangat terkesan dengan keberadaan Lembaga Pendidikan TPQ dan Madin  AN-Nuroniyah yang berlokasi di kecamatan Kaliori. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri acara haflah TPQ dan Madrasah Diniyah An Nuroniyyah desa Tambak Agung Kaliori, pada Ahad (27/3/2022).

Ali Akhyar didaulat menyerahkan syahadah dan ijazah kepada para samtri. Ia sangat mengapresiasi perjuangan para dewan guru dalam mendidik para santri.

“Saya sungguh terkesan sekali, anak-anak seusai kelas tiga atau empat SD sudah bisa menghafal juz ‘amma dengan bacaan yang sangat bagus juga sudah menguasai ilmu tajwid, ghorib dan hafalan. Tentu ini semua berkat keseriusan dan perjuangan yang luar biasa dari para dewan guru,” kata Ali ketika diwawancara di sela acara.

Lebih lanjut Ali Akhyar menegaskan, beberapa bulan yang lalu Kemenag meluncurkan program MUMTAZA yaitu singkatan dari Murid MI tahfidz Juz Amma. Program ini ditujukan untuk murid MI yang ketika lulus sudah hafal juz amma atau juz tiga puluh.

“Saya sangat bersyukur sekali. Walaupun di kecamatan Kaliori hanya ada satu MI, tapi kenyataan di wilayah kecamatan ini ada lembaga TPQ hampir di tiap desa yang bisa mencetak santri-  santri yang qurani yang sangat membanggakan semua pihak,” kata Ali.  

Ali berharap kepada Pemerintah Desa  dan segenap masyarakat tokoh agama selalu memberi dukungan Madrasah atau TPQ. Karena ini bagian dari mencetak kader bangsa yang akan menjadi penerus perjuangan kita semua.  

Saat di konfirmasi secara terpisah, Kepala Madrasah An-Nuroniyyah Nurruddin merasa tersanjung dan sangat berterimakasih atas kehadiran Kepala KUA Kaliori.

“Ini suatu kehormatan bagi kami lembaga TPQ dan Madin An Nuroniyah atas kehadiran Pak kepala KUA Kaliori. Beliau rumahnya Pamotan, cukup jauh dari sini, tapi berkenan hadir,” ujarnya. (Gusman/iq/rf)