Wujudkan Keluarga Sakinah, KUA Sarang I Gelar Kelas Catin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KUA Sarang I – Bimbingan nikah kepada calon pengantin gencar dilakukan oleh Kementerian Agama beserta KUA Kecamatan. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang Sakinah yang akan berimbas pada kualitas kehidupan berbangsa.


Seperti halnya yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Sarang I bekerja sama dengan Puskesmas Sarang II. Kedua Lembaga pemerintah ini sepakat untuk membuka kelas catin sebagai sarana pembinaan catin sebelum melangsungkan pernikahan.


“Kelas catin ini digelar untuk untuk menyukseskan program pemerintah, yaitu pencegahan stunting dan mewujudkan keluarga Sakinah,” kata Sarifudin dalam keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).


Rencananya, kelas catin ini diadakan enam Angkatan dalam satu tahun. “Kami, baik dari KUA dan Puskesmas Sarang II berkomitmen memberikan pembekalan kepada catin agar dapat mengarungi bahtera pernikahan dengan baik. Selain itu, program ini juga untuk pencegahan stunting pada anak-anak,” kata Sarifudin.


Kelas catin ini diadakan pada Senin (13/6/2022) di Puskesmas Sarang II. Bertindak sebagai pemateri yaitu Kepala KUA Sarang I, Sarifuddin, serta tenaga Kesehatan dari Puskesmas dr Hafidhotul Muawanah dan Narti, Amd.keb.


Adapun materi yang disampaikan yaitu kesehatan reproduksi, kesiapan kehamilan, proses kehamilan, penyakit menular, moderasi agama, ketahanan rumah tangga, dan keluarga Sakinah.
Sarifudin berharap, kelas catin ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Sarang untuk membentuk keluarga samawa, dan juga Kesehatan anak-anak.

“Stunting juga menjadi persoalan yang penting di Rembang. Dan untuk menurunkan angka stunting ini, diperlukan peran orang tua dan juga catin agar mampu menangani Kesehatan dan gizi anak nantinya,” pungkas Sarifudin.– iq/rf