Tetap Jaga Kebersamaan di Tahun Politik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purworejo – Dalam upacara HAB ke-73 Kementerian Agama yang diadakan di Pendopo Bupati Purworejo, Wakil Bupati Yuli Hastuti, S.H. selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Agama yang mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di tahun politik ini untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Hal ini sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu “Jaga Kebersamaan Umat”.

“Termasuk kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri,” berikut penggalan sambutan Menteri Agama yang dibacakan Yuli Hastuti pada upacara Kamis kemarin, (3/1).

Upacara HAB sedianya digelar di alun-alun Purworejo, namun karena hujan maka dialihkan ke Pendopo. Upacara dihadiri Forkopimda, Sekda, Kepala Kemenag, Ketua FKUB, tokoh lintas agama, dan jajaran Kemenag yang terdiri dari guru dan siswa madrasah, pegawai KUA, penyuluh agama, serta penghulu.

“Berdirinya Kementerian Agama sejak tujuh puluh tiga tahun silam, adalah untuk memelihara kerukunan hidup antar umat beragama dan mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa,” lanjut Wakil Bupati.

“Kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara. Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa,” tuturnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan penampilan polisi cilik dari MI Imam Puro Sutoragan Kemiri, Purworejo, dalam peragaan disiplin lalu lintas.(sgy/sua)