Komitmen Kemenag, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta UIN Salatiga dalam Program Pengembangan Profesi Guru PAI di Purworejo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

YOGYAKARTA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga terkait Program Pengembangan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Batch 2 Tahun 2023 yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang penandatanganannya dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta pada Senin (11/9/2023).

Agenda tersebut melibatkan lima puluh orang Guru Pengajar Agama Islam (GPAI) di Kabupaten Purworejo, dimana biayanya diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purworejo. “Inisiatif ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Purworejo,” ujar Wasit Diono, S.Sos. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. “Semoga melalui program ini, para guru dapat mengembangkan kompetensi mereka lebih jauh lagi,” harapnya. Selanjutnya, Wasit Diono mengimbau GPAI peserta PPG dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin hingga berhasil lulus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Aziz Muslim, M.Pd.I. dalam kesempatan tersebut menyebut UIN Salatiga sebagai salah satu LPTK terbaik. “UIN Salatiga memiliki reputasi yang kuat dalam mendidik tenaga kependidikan dan kami yakin bahwa kerjasama ini akan memberi manfaat besar bagi para Guru PAI,” demikian Aziz Muslim meyakini. Sedangkan Prof. Dr. Mansur, M.Ag., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga yang bertindak sebagai LPTK menyatakan pihaknya siap membantu dan mendukung penuh pelaksanaan program tersebut. “Kami berkomitmen untuk memberikan pembelajaran dan fasilitas terbaik dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Purworejo,” janjinya. (ronny/sgy/bd)