MAN Purworejo Turut Semarakkan Karnaval HUT RI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purworejo – MAN Purworejo mengikuti karnaval HUT ke-78 Kemerdekaan RI dalam rangka Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘alamin (P5PPRA) dengan tema Kebhinnekaan dan Kearifan Lokal. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (26/8/2023) di alun-alun Purworejo ini diikuti oleh tim HUT ke-78 Kemerdekaan RI dari MAN Purworejo yang terdiri dari Afina Fidiyana selaku ketua tim, didampingi koordinator lapangan Abdul Fakih berikut sejumlah guru, karyawan, mahasiswa PKL dari UNY, serta perwakilan siswa.

Afina Fidiyana mengatakan bahwa tujuan dari  kegiatan P5PPRA ini adalah untuk meningkatkan motivasi para siswa MAN. “Harapannya siswa kami lebih semangat dalam berolah seni, lebih inovatif, atraktif dan kreatif. Serta untuk menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan negara sejak dini, sekaligus agar siswa-siswi tumbuh menjadi generasi yang hebat, generasi yang mendatangkan kejayaan bagi bangsa dan negara di masa yang akan datang,” tuturnya.

Pernyataan serupa disampaikan oleh koordinator lapangan, Abdul Fakih yang menurutnya kegiatan ini dapat membantu generasi muda memiliki pemahaman kuat tentang nilai-nilai Pancasila, sikap toleransi, menghormati perbedaan, berpikir kritis, dan siap berperan aktif dalam membangun masyarakat yang agamis.  “Semoga kegiatan ini meningkatkan kemampuan anak bukan hanya di bidang akademik tetapi juga non akademik, sehingga potensi siswa menjadi multitalenta,” ujarnya. Selain mengedepankan keglamoran kostum, kontingen MAN Purworejo juga memamerkan beberapa pertunjukan secara langsung di depan Bupati dan tamu kehormatan di antaranya oleh tim paskibra, silat, dan hadroh.

Yusita Nur Nainy salah seorang siswa mengungkapkan perasaannya bahwa ia sangat senang sekali karena bisa terlibat dalam kegiatan karnaval tingkat kabupaten sebagai anggota kontingen mewakili MAN Purworejo. “Tahun lalu karena pandemi kan tidak ada karnaval. Nah yang sekarang jadinya meriah sekali, banyak masyarakat yang antusias menonton. Harapan Yusita semoga tahun depan akan ada lagi kegiatan serupa dan semoga MAN bisa menampilkan yang lebih meriah lagi untuk HUT RI yang akan datang,” harapnya. (anggi/sgy/bd)