Kakankemenag Dorong Peserta MAPSI untuk Optimis dan Berjiwa Pemenang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purworejo – Dinas Pendidikan menggandeng Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menggelar ajang Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) ke-24 Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2023. Hadir dalam upacara pembukaan di antaranya Kepala Kankemenag H. Aziz Muslim, M.Pd.I., Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua PGRI, serta Pengawas SD.

Dalam sambutannya, Aziz Muslim mengimbau peserta untuk selalu optimis dan berjiwa pemenang. “Dengan mengikuti MAPSI, anak-anak diharapkan bisa lebih mandiri, kreatif dalam menghadapi tantangan saat ini, dengan tetap bersikap rendah hati dan tidak mudah putus asa,” ungkapnya. “Apapun hasilnya anak-anak tetap menjadi pemenang. Semoga ajang ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaring bakat baru dari siswa dalam studi pendidikan agama Islam dan seni Islami,” sambungnya.

Sementara itu Kusnaeni, M.Pd. selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa hanya juara I saja yang akan diambil untuk mewakili Kabupaten Purworejo maju ke ajang MAPSI Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kusnaeni juga berpesan kepada para pendamping agar para juara nantinya digembleng lagi untuk hasil yang lebih maksimal.

MAPSI yang bertema “Gali Potensi Islami, Raih Prestasi Menuju Purworejo Mulyo” ini diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 2 September 2023 dan diikuti oleh 402 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Purworejo. Adapun cabang yang diperlombakan antara lain Pengetahuan Pendidikan Agama Islam dan BTQ, Praktek Wudhu dan Shalat, Adzan dan Iqamah, Seni Tilawatil Qur’an, Hifzil Qur’an, Seni Kaligrafi Qur’an, Seni Khot Kitab Suci Al-Qur’an, Seni Khitabah, Duet Religi, Macapat Islami, Keterampilan TIK Islami, Karya Tulis Ilmiah, Seni Musik Rebana, Seni Cipta Cerita Islami, dan Seni Bercerita Islami. (ron/sgy/bd)