081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kankemenag Demak Selenggarakan Sosialisasi SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Demak dan Institute Agama Islan Negeri (IAIN) Kudus adakan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN) yang dilaksanakan di Aula Kanemenag Kabupaten Demak, Rabu (06/02).

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kabupaten Demak, Juair mengatakan bahwa sosialisasi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN diikuti 35 kepala madrasah Aliyah (MA) se Kabupaten Demak.

“Sosialisasi ini bertujuan mempermudah bagi anak-anak Madrasah Aliyah yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi islam,” katanya.

Juair menambahkan, pendaftaran  SPAN PTKIN dan UM-PTKIN keduanya melalui on line, untuk anak-anak tidak jadi masalah kerana sudah banyak Madrasah Aliyah di Kabupaten Demak melaksanakan ujian berbasis komputer, apalagi tahun 2019 baik Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) semua harus sudah melaksanakan ujian  berbasis komputer.

“Ini merupakan komitmen Kementerian Agama dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi era milenial,” tambahnya.

Tugas pendidik atau guru diantaranya sebagai motivator dan penggerak bagi anak-anak, bagaimana agar anak didik punya cita-cita, punya harapan yang tinggi dan bagaimana anak punya pandangan kalau untuk merubah nasib adalah dengan pendidikan yang tinggi.

“Maka sosialisasi tersebut penting dan sampaikan hasil sosialisasi ini pada anak didik agar punya semangat dan termotivasi dalam mencari ilmu melalui perguruan tinggi islam yang ada sehingga akan merubah nasib yang lebih baik,” jelasnya.

Sedangkan Wakil Rektor I IAIN Kudus Dr. H. Sufaat.MPd mengatakan, sosialiasi ini memberikan informasi dini yang seluas luasnya kepada lembaga pendidikan khususnya Madrasah Aliyah (MA) di wilayah Kabupaten Demak.

“Dengan informasi SPAN PTKIN anak-anak tidak salah pilih dalam menentukan perguruan tinggi tempat mencari ilmu dan sekaligus tempat menentukan masa depannya,” kata sufaat

Apalagi di IAIN Kudus saat  ini banyak pilihan Fakultas yang diinginkan, seperti : Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Da’wah dan Komunikasi, Fakultas Syari’ah dan Fakultas Usuluddin.

“Untuk bisa masuk ada tiga jalur pilihan, jalur SPAN PTKIN, jalur UM PTKIN dan  jalur lokal Mandiri,” imbuhnya. (ms/Wul)