Ikuti Uji Kompetensi, Sugiyanto Berangkat ke Jakarta

Purworejo – Sebanyak 125 ASN Kemenag mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) di Gedung Kementerian Agama Thamrin, Jakarta pada Selasa(26/1) hingga Kamis(28/1). Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam rangka penyesuaian atau inpassing jabatan para pelaksana kehumasan di lingkungan Kemenag.

Di antara peserta, salah satunya adalah Sugiyanto, S.T., M.Eng. yang merupakan ASN Kankemenag Kabupaten Purworejo. Sugiyanto diajukan untuk mengikuti uji kompetensi setelah empat tahun bertugas di bidang kehumasan. “Tusi kehumasan dimulai tahun 2017 yaitu sejak saya mutasi dari Seksi PAKIS ke Subbag Tata Usaha,” tuturnya.

Lulusan S2 Magister Teknologi Informasi UGM itu menjelaskan bahwa agenda di Jakarta selama tiga hari tidak hanya untuk uji kompetensi, “Ada dua rangkaian kegiatan yaitu peningkatan kapasitas pranata humas dan uji kompetensi. Proses uji kompetensi sendiri terdiri dari dua macam, yakni ujian tertulis dan wawancara. Soal multiple choice dan essay untuk ujian tulis. Setelah itu wawancara oleh asesor dari instansi pembina jabfung pranata humas yakni Kementerian Kominfo,” jelasnya.

Saat disinggung kemungkinan lulus tes, Sugiyanto menjawab diplomatis. “Saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk persiapan ujian. Demikian juga saat ujian sudah pol-polan. Kan sampai dibela-belain ke Jakarta,” ujarnya sambil tertawa. “Tinggal berdoa semoga Allah kasih yang terbaik,” pungkasnya. Apabila lulus, Sugiyanto akan menjadi seorang pranata humas ahli muda. (sgy/rf)