Kerja Bakti Pelihara Lingkungan, Jaga Kebersihan

Rembang – Masa Pandemi tak menyurutkan semangat sahabat madrasah untuk memelihara lingkungan madrasah. Seperti yang dilakukan oleh para guru dan staf MTsN 2 Rembang. Pada Jumat, (29/1/2021) semua warga madrasah  bekerja bakti untuk  membersihkan  lingkungan Madrasah.

Namun dalam  masa pandemi program ini hanya dilakukan oleh guru, staf dan tenaga kebersihan tanpa melibatkan peserta didik dengan mengikuti protokol kesehatan.

Kerja bakti  dimulai jam 08.00 s.d. 10.00 WIB. Semua guru dan karyawan serta tenaga kebersihan kompak membersihkan lingkungan madrasah dengan memotong rumput yang sudah tumbuh tinggi dan menata taman. “MTs Negeri 2 Rembang  adalah madrasah yang memiliki halaman yang cukup luas sehingga perlu untuk menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.  Karena lingkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan kepada siswa saat belajar nanti, ” kata Kepala madrasah, M. Yunus Anis.

Selama masa pandemi ini program Jumat bersih agak tersendat karena memang demikian aturan dalam menghadapi pandemi. Peserta didik belajar online dari rumah, sehingga program Jum'at bersih tidak  terlaksana dengan maksimal.  “Jika hal ini dibiarkan tidak menutup kemungkinan justru terjadi kerusakan yang bisa menambah kerugian aset madrasah,” ungkap Anis.

Anis menegaskan, pihaknya akan menjadikan MTsN 2 Rembang sebagai madrasah yang peduli lingkungan. edepan kita akan menjadi salah satu madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Untuk itu perlu  program yang  bertujuan untuk mewujudkan Madrasah  yang bersih, indah, rapi dan sehat” Kata Ibnu Anis yang baru beberapa hari menjadi Kepala Madrasah. “Program ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan” jelasnya lebih lanjut.

Program Jumat bersih dilaksanakan MTs Negeri 2 Rembang  dalam rangka menjaga kebersihannya sehingga saat siswa masuk nanti sudah dalam suasanan bersih, tenang dan nyaman. Dalam kegiatan ini Ibnu Anis juga terjun langsung mengikuti kerja bakti bersama guru dan karyawan.  (Wient/iq/qq)