Peringati HAB, Kemenag Gelar Lomba Bagi Guru dan Penyuluh

Purworejo – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo mengadakan lomba inovasi media pembelajaran berbasis power point untuk guru RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, serta lomba pembuatan video pendek dengan tema spesialisasi kepenyuluhan dan naskah khutbah bahasa Jawa untuk Penyuluh Agama Islam.

Farid Solihin, selaku ketua panitia HAB menyampaikan pentingnya lomba untuk guru dan penyuluh.

“Kemenag memiliki banyak guru baik di madrasah maupun guru agama. Demikian juga penyuluh agama islam. Kita dorong mereka untuk berkreasi ikut berkontribusi dalam peringatan HAB tahun ini,” tutur Farid yang juga merupakan Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Purworejo itu.

“Peserta kita beri waktu mulai pertengahan Desember sampai 14 Januari 2021 untuk mengumpulkan hasil karyanya,” sambungnya.

Even ini ternyata mendapat sambutan positif oleh para guru maupun penyuluh. Sebut saja Hamdani, penyuluh agama ini tiba-tiba gencar mencari informasi tentang teknik pengambilan video secara profesional.

“Ingin ikut bikin video kepenyuluhan mas. Konsepnya sudah ada tinggal mulai syuting aja,” selorohnya saat ditanya rencana keikutsertaan dalam lomba.

Bertempat di aula kantor, hasil lomba tersebut diumumkan pada Senin (18/1) bersamaan dengan momentum perkenalan kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo yang baru. Juara inovasi media pembelajaran berbasis power point berturut-turut sesuai jenjang mengajar adalah Dika Puspasari Ardaningtyas (RA Az-Zahra Cangkrep), Rochmatun Nadiroh (SDN Gintungan), Ahmad Nur Cholis (SMP N 17 Purworejo), dan Rofi Sulaiman (MA Al Iman Gebang),. Sedangkan juara video kepenyuluhan adalah Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Purworejo 2 dan juara pembuatan naskah khutbah bahasa Jawa adalah Puger Bandar Arum, utusan KUA Kecamatan Banyuurip. Para juara mendapatkan trofi dan uang pembinaan. (sgy/rf)