Genjot Kwalitas Madrasah, Kemenag Demak Gelar PKKM di MA Taqwa Sumberejo Mranggen

Demak – Bertempat di Aula Madrasah Aliyah Taqwiyatul Wathon (Taqwa) Sumberejo Mranggen Demak Jawa Tengah, Kementerian Agama Kabupaten Demak melangsungkan rangkaian PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) yang berlangsung selama 4 jam (Rabu, 24-2-2021).

Dalam Pengarahannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Demak, H.Ahmad Muhtadi menyampaikan tujuan dari pelaksanaan PKKM. “Berdasarkan Keputusan Dirjend Pendis Nomor 1111 tahun 2019, bahwa PKKM adalah proses pemotretan kinerja semua guru dan pegawai di Madrasah berdasarkan kepemimpinan Kepala Madrasah,” kata Muhtadi. Tujuan lainnya yaitu untuk menjamin obyektifitas pembinaan Kepala Madrasah melalui pemetaan kinerja kepala, imbuhnya.

“Beberapa aspek yg dipotret dan  dianalisa dalam PKKM diantaranya tentang pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi pada guru,” jelas Muhtadi.

Kesempatan PKKM tersebut, juga dimanfaatkan oleh H. Ahmad Muhtadi yang baru menerima amanah sebagai Kepala Kemenag di Demak sejak satu bulan lalu, untuk ta'aruf dan memberikan motivasi kepada guru-karyawan MA Taqwiyatul Wathon dengan tema “Tingkatkan Kwalitas, maka Kwantitas akan mengikuti”.

Sementara itu kepala MA Taqwiyatul Wathon H.Rifa'i yang didampingi Kiyai Rakhimin selaku Ketua Komite Madrasah dan jajaran pengurus yayasan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa MA Taqwiyatul Wathon selalu siap untuk dievaluasi dan disupervisi tahunan atau empat tahunan. “Insya Allah kami selalu siap dievaluasi karena kami sudah menerapkan Manajemen Administrasi Taqwiyatul Wathon atau (MATA)”, kata Rifa'i. “Bahwa jika nantinya masih ada kekurangan, mohon bimbingan dari Tim Penilai, agar kedepan MA Taqwa makin maju dalam segala bidang,” pungkas Rifa'i.

H. Masrokhan yang didampingi H.Pribadi selaku Tim Penilai, dalam refleksi dan evaluasi berpesan agar situasi pandemi vovid sekarang ini, madrasah terus melakukan inovasi dan kreasi dengan “Thinking out of the box” guna memberikan model pembelajaran yang aman, nyaman serta optimal bagi siswa. Karena pandemi bukan penghalang bagi madrasah untuk terus memberikan layanan pada siswa.

PGSI APRESIASI

Sementara itu Ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Kabupaten Demak yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas pelaksanaan PKKM. “Ya sebagai organisasi profesi guru swasta, PGSI mendukung penuh atas pelaksanaan PKKM yang saangat bermanfaat bagi kepala Madrasah guna meningkatkan kemampuan Manajerial”, kata Salim. PKKM ini sekaligus menepis pandangan para pengamat dan pihak lain yang menganggap keberadaan pengawas Sekolah/ Madrasah sudah tidak relevan perlu dihapus, tambah Salim.

Bagi PGSI keberadaan Pengawas Sekolah/Madrasah masih sangat dibutuhkan, “Lah kalau tidak ada Pengawas Sekolah, terus yg mengevaluasi dan memotivasi kinerja kepala Sekolah siapa?, maka kehadiran pengawas hingga saat ini masih sangat dibutuhkan,” pungkas Salim. (ms/qq)