Guru Madrasah Belajar Menyusun Soal Ujian

Purworejo – Sebanyak 72 orang guru madrasah negeri dan swasta di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo mengikuti kegiatan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah di Graha Siola pada Kamis (25/2).

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan teknis bagi guru madrasah dalam menyusun kisi-kisi dan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill), sehingga guru dapat membuat alat evaluasi yang tepat untuk melakukan penilaian pembelajaran di madrasah. “Kita ingin guru-guru kita nantinya memiliki keterampilan dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS sekaligus terampil menyusun soal HOTS untuk penilaian hasil belajar,” jelas Dra. Zamkhoni, panitia kegiatan yang merupakan JFU analis kurikulum pada Seksi Penma.

HOTS merupakan cara menguji dimana satu soal dapat menghasilkan jawaban yang mengandung analisis, perbandingan, sekaligus perhitungan dan bukan hanya sekedar soal mengingat atau menghafal saja.

H. Fatchur Rochman, M.Pd.I. dalam sambutannya berharap agar para peserta memanfaatkan momentum ini untuk mengasah kemampuan dalam menyusun soal. “Ini momentum bagus untuk Bapak Ibu. Setelah nanti mendapat arahan dari narasumber, Bapak Ibu dapat langsung praktek dan dinilai sejauh mana kemampuan dalam membuat soal,” terang orang nomor satu di Kankemenag Kabupaten Purworejo itu. “Karena soal yang baik dapat digunakan untuk mengukur kualitas hasil belajar,” sambungnya.

Bertindak selaku narasumber adalah H. Sutarja, M.Ag., M.Pd., pengawas madrasah yang sudah sangat berpengalaman dalam penyusunan soal HOTS. (sgy/bd)