Kakanwil Kemenag Jateng Minta Penyuluh Agama Tingkatkan Doa dan Ikhtiar Untuk Tanggulangi Covid-19

Sragen – Untuk meningkatkan peran penyuluh Agama Islam Non PNS dalam gerakan penanggulangan Covid-19, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen melakukan apel siaga protokol kesehatan 5M. Apel siaga dilaksanakan pada empat eks-kawedanan se-Kabupaten Sragen.

Apel siaga yang pertama dilaksanakan pada eks-Kawedanan Sragen diikuti 42 Penyuluh Agama Islam Non PNS pada Jumat (26/02). Apel dilaksanakan dalam gedung aula 2 Kankemenag disebabkan hujan yang mengguyur Sragen sejak subuh. Sebagai pembina apel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Mustain Ahmad.

Saat menjadi pembina apel, Kakanwil mengingatkan kepada para peserta apel untuk terus menguatkan doa dan ikhtiar dalam menghadapi musibah Covid-19.

“Saya ingatkan bahwa kita harus terus bergerak, berdoa dan berikhtiar agar wabah ini segera berakhir. Saya yakin kita semua telah melakukan doa secara sungguh-sungguh. Namun doa saja tidaklah cukup. Bisa jadi Allah telah dan akan mengabulkan doa permohonan yang kita panjatkan, namun jika tidak disertai dengan ikhtiar bisa tertunda atau sia-sia” kata Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan “Pandemi Covid-19 saat ini merupakan persoalan internasional, sehingga kerjasama antar negara telah dilakukan, maka tindaklanjutnya perlu dilakukan hingga tingkat bawah, ke desa-desa. Maka peran penyuluh sangatlah tepat, penyuluh bisa memberikan edukasi, sosialisasi dan advokasi tentang Covid-19”.

Terakhir, Mustain Ahmad mengungkapkan bahwa pandemi ini telah memberikan hikmah yang banyak, diantaranya adalah meningkatkan solidaritas kita sesama umat Islam dan sesama umat manusia dalam penanggulangan musibah.

Pada kesempatan tersebut Posko Siaga Covid-19 Kankemenag Sragen menyerahkan 1 box masker dan 1 spanduk kepada semua penyuluh, yang penyerahan secara simbolisnya dilakukan Kakanwil kepada perwakilan penyuluh.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, H. Hanif Hanani yang juga mengikuti apel siaga menyampaikan bahwa apel siaga selanjutnya akan diadakan di KUA Kecamatan Gemolong, KUA Kecamatan Gesi dan Kecamatan Gondang. (ira/qq)