Kenalkan Demokrasi Pancasila, MTsN 3 Sragen Gelar Pemilihan Ketua OSIM Seperti Pemilu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Sragen (Humas) – Proses penghitungan suara hasil pemilihan ketua OSIM MTs N 3 sragen di aula madrasah pada, Sabtu, (21/10/2023) berjalan cukup ramai dan menegangkan, terlebih dengan hadirnya pendukung pasangan calon ketua.

Kegiatan pemilihan ketua OSIM di MTs N 3 Sragen benar-benar menyerupai pemilihan umum yang ada di Indonesia. Kegiatan yang diawali dengan seleksi calon ketua dan wakil ketua, penyampaian visi, misi  dan ditutup dengan pencoblosan kartu suara dan penghitungannya.

Empat calon ketua dan wakil ketua OSIM terpilih sama-sama mempunyai rekam jejak yang baik sebagai siswa MTs N 3 Sragen. Mereka adalah Riska Vebita dan Abdul Mulyono Azis no urut 1, Syalsa Bela dan Luthvy Nur no urut 2, Vira Citra dan Wildan Surya no urut 3, Akmal Hakim dan Mifatul Nasya no urut 4. Mereka semua merupakan siswa kelas 8 MTs N 3 Sragen.

Kegiatan telah dimulai dengan penyampaian visi misi dari masing-masing calon pada tanggal 7 Oktober yang lalu dari masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM, dilanjutkan dengan orasi dan kampanye dilingkungan madrasah. Semua pasangan calon ketua dan wakilnya mempunyai visi, misi yang sangat bagus dan mendukung kemajuan madrasah.

Proses pemilihan dilaksanakan pada Sabtu (21/10/2023) dengan pemilih semua siswa kelas 7, 8 dan 9 yang masih terdaftar di MTs N 3 sragen. Kegiatan yang dikomando oleh OSIM ini memberikan penjelasan kepada semua siswa untuk menggunakan hak suaranya sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Masing-masing siswa mempunyai 1 suara dalam pemilihan OSIM seperti halnya pemilihan presiden dan wakil presiden. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pemilihan mulai dari penyampaian visi, misi, pencoblosan sampai penghitungan suara.

Ditemui disela-sela kesibukannya, Marjoko sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan menyampaikan tujuan diadakannya pemilihan ketua OSIM adalah untuk memberikan pembelajaran kepada siswa tentang prosesi pemilihan umum yang LUBER, menanamkan sikap demokrasi pada siswa dalam menyelesaikan suatu masalah.

“Alhamdulillah semua berjalan sesuai dengan harapan, sehingga saya merasa senang, bangga dengan pekerjaan siswa meskipun ada kekurangan, namun secara umum kegiatan telah berjalan dengan lancar dan terpilih ketua OSIM yang sesuai dengan harapan,’’ kata Marjoko.

Berikut hasil pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM MTs N 3 Sragen berdasarkan hasil pemilihan dan hasil perhitungannya paslon 1 sebanyak 42 suara, paslon 2 sebanyak 100 suara, paslon 3 sebanyak 137 dan paslon 4 sebanyak 560 suara. Dengan demikian terpilih sebagai ketua OSIM adalah pasangan no 4 atas nama Akmal Hakim dan Mifatul Nasya.(evi/Sua)