Kemenag Bersinergi Dengan Pemkot, Uji Coba Mall Pusat Layanan Publik

Salatiga – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pemerintah secara bersama-sama, termasuk Kementerian Agama, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayannya kepada masyarakat. Dengan pelayan yang semakin prima diharapkan masyarakat semakin merasa terpuaskan, lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.

Dalam rangka itulah pada Rabu, (24/2) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga yang diwakili oleh Plt. Kasubag Tata Usaha  Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Nurcholis, menghadiri acara uji coba Mall Pusat Pelayanan (MPP) Publik Kota Salatiga.

Dalam kesempatan itu, Sekda kota Salatiga, H. Muthoin, didampingi Kepala dan Sekretaris Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (PPMPTSP), menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan langsung ke seluruh stand layanan public dalam rangka mengetahui sejauh mana tingkat kesiapannya, khususnya sarana dan prasarananya.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Salatiga menjelaskan bahwa Mall ini merupakan obsesi Pemerintah Kota Salatiga untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.

Ditambahkan oleh H. Muthoin, bahwa Pelayanan Publik bertujuan mengintegrasikan pelayanan serta memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi. “MPP harus menjadi solusi dengan menghadirkan pelayanan yang cepat, ramah dan terintegrasi. Kecepatan memberikan layanan tersebut harus menjadi perhatian bersama seluruh perangkat daerah,” kata Muthoin.

H. Muthoin juga menegaskan, Mall Pusat Pelayanan Publik akan menyediakan semua pelayanan publik seluruh instansi yang ada di kota Salatiga dalam satu tempat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus kepentingannya. “Dalam pengurusan perizinan dan non perizinan lebih efektif dan efesien,” tegasnya.

Kepala  Subbag TU, H. Nurcholis di sela – sela uji coba MPP mengatakan, MPP ini sebagai wujud sinergitas antara Instansi vertikal, yakni Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah dalam hal pelayanan pada masyarakat.

“Kemenag kota Salatiga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Salatiga atas ajakannya dalam Mall Pelayanan Publik. Kami sangat bangga sekaligus menjadi motivasi kami agar pelayanan publik Kemenag kota Salatiga bisa lebih optimal,” ujar Nurcholis.

Selanjutnya H . Nurcholis berpesan agar petugas layanan  pada stand Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga di MPP diisi dengan petugas yang kredibel dan berkompetensi di bidang pelayanan publik, bukan saja memuaskan bagi organisasi Kemenag tetapi yang lebih penting lagi, ia bisa memuaskan semua masyarakat yang membutuhkan layanan Kemenag.

Lebih lanjut lagi, Kepala  Subbag TU mengatakan, bentuk pelayanan yang disediakan di stand Kementerian Agama berupa layanan informasi haji, rekomendasi umroh, pendaftaran SIMAS, layanan informasi produk halal, layanan informasi pengukuran arah kiblat dan layanan informasi pengurusan sertifikat wakaf.(Khusnul-Fitri/Sua)