Kepala Kankemenag Kab. Demak Jalani Vaksinasi Covid-19 : Alhamdulillah Aman Tidak Ada Masalah

Demak – Kepala Kankemenag Kab. Demak, Ahmad Muhtadi  hari ini  Rabu, (24/02/2021) menerima suntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sunan Kalijaga Demak.

Ini adalah kali pertama jajaran pegawai Kankemenag kab. Demak mendapat suntikan vaksin covid-19 semenjak program ini digulirkan. Selain Kepala kantor, pejabat struktural Kankemenag lainnya yang mendapatkan jatah vaksinasi hari ini adalah Kasubbag TU , para Kasi dan Penyelenggara.

Nampak beberapa pejabat struktural dari instansi lain, beberapa tokoh agama serta tokoh masyarakat ikut antri duduk di ruang tunggu untuk mendapat giliran vaksinasi.

Hal ini sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah  Kabupaten Demak, Singgih Setyono dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda dan Kepala Dinas/ Instansi terkait pada Hari Selasa, (23/02/2021). Ia menyampaikan bahwa  yang menjadi prioritas vaksinasi tahap dua adalah orang yang rentan tertular covid-19 sebab aktivitasnya berinteraksi dengan banyak orang. Diantaranya TNI, Polri, tokoh agama, pejabat struktural dan pedagang keliling.

Sementara itu proses penyuntikan vaksin covid-19  dilakukan oleh tenaga kesehatan rumah sakit setempat. Dalam menjalankan tugasnya mereka mengenakan  Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.  

Sebelum proses vaksinasi dilakukan , para petugas mencatat satu- persatu data peserta. Dilanjutkan sekrening berupa pemeriksaan tensi darah serta menanyakan riwayat penyakit yang pernah dideritanya.

“Prosedur ini harus kami lakukan. Karena bagi pasien yang mempunyai penyakit penyerta (komorbid) tertentu, tidak diperbolehkan menerima suntik vaksin Covid-19,” jelas salah seorang petugas medis.

Setelah dinyatakan tidak ada masalah baru kemudian dilakukan vaksinasi.

Sekitar 30 menit pasca penyuntikan, Ahmad Muhtadi mengungkapkan efek yang dirasakan. “Alhamdulillah tidak ada reaksi apa-apa. Tidak pusing, biasa-biasa saja,” ungkapnya.

Reaksi yang sama juga diungkapkan peserta lainnya. ” Awalnya sempat grogi, tapi alhamdulillah tidak apa-apa,” kata Kasubbag TU, Nur Fauzi. Hal ini juga diamini oleh beberapa orang lainnya yang turut divaksin pada hari ini.

Usai vaksinasi, Kepala Kankemenag beserta para pejabat kembali ke kantor melanjutkan aktivitasnya. (ms/qq)