Optimalkan Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Sosialisasi Prokes

Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama (KaKankemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman tak henti hentinya melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan satkernya. Sebagai teladan, KaKankemenag harus memberikan contoh yang baik kepada seluruh pegawainya. Hari ini KaKankemenag Kota Salatiga berkunjung ke KUA Kecamatan Sidomukti dalam rangka silaturahmi dan monitoring Instruksi Menteri Agama RI Nomor 01 Tahun 2021. Kedatangan KaKankemenag disambut dengan hangat oleh seluruh pegawai KUA dan diterima dengan baik oleh Kepala KUA Kecamatan Sidomuti, H. Munib. Sambil berbagi informasi dan pengalaman, KaKankemenag menyelipkan pesan-pesan pentingnya ASN untuk selalu mentaati protokol kesehatan 5M dimanapun berada. Beliau juga menyampaikan kepada Kepala KUA dan Penyuluh untuk melaporkan kemajuan gerakan sosialisasi protokol kesehatan kepada Humas KanKemenag Kota Salatiga, atau Tim Tanggap Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kementerian Agama RI.

Dalam arahannya, KaKankemenag menghimbau kepada Kepala KUA, Penyuluh, dan staff KUA untuk tetap berjuang bersama tenaga kesehatan menekan laju penyebaran Covid-19. “Pandemi belum berakhir, Covid-19 masih mewabah. Oleh karena itu mari kita optimalkan peran kita dalam melaksanakan penyuluhan tentang protokol kesehatan 5M dengan menggunakan bahasa agama. Informasi mungkin akan mudah ditangkap oleh masyarakat ketika kita menggunakan bahasa agama,” himbau Taufiqur.

Selain itu beliau menekankan agar KUA bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menyampaikan pesan tentang protokol kesehatan. Tokoh agama dan tokoh masyarakat memegang peranan penting. Mereka menjadi panutan dan lebih didengar oleh keluarga dan masyarakat. Oleh sebab itu sangat ideal bagi mereka untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19 dengan mensosialisasikan protokol kesehatan 5M kepada masyarakat.

Kepala KUA Sidomukti, menyatakan akan mendukung seratus persen program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. “Kami sangat berterima kasih atas himbauan Kakankemenag, selanjutnya kami akan bekerja sama dengan tokoh agama atau tokoh masyarakat terkait untuk berperan serta dalam mensosialisasikan protokol kesehatan 5M ini,” jelas Munib.(Fitri-Khusnul/Sua)