Berikan Pembinaan Kepala MI, Kakankemenag Harapkan Banyak Hal

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Anif Solikhin menandaskan, kunci sukses terwujudnya madrasah yang maju, unggul, dan berprestasi terletak pada pengelolaan madrasah yang baik. Komponen di madrasah mempunyai peran besar dalam pengelolaan madrasah, baik pembelajaran serta sarpras yang ada.

Penandasan tersebut Kakankemenag saat memberikan pembinaan kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Swasta sekaligus rakor persiapan ujian madrasah jenjang MIN/S di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Selasa, (9/3) dihadiri Kepala MIN/S dan pengawas.

Rakor ini sebagai wahana menyampaikan informasi kedinasan, juga sebagai media diskusi menambah pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi kepala madrasah dan guru, disamping agar kepala madrasah bisa mengamankan kebijakan Kantor Kementerian Agama.

“Kami mengapresiasi jajaran kepala madrasah meski mengemban tugas yang sangat berat, namun mampu mewujudkan madrasah yang maju dan berprestasi, menuju madrasah hebat bermartabat,” tegas Anif.

“Terkait pembelajaran di madrasah, Kepala Madrasah agar pandai-pandainya didalam memimpin para guru untuk memberikan pembelajaran atau penugasan jarak jauh, mari kita sukseskan dan kita dukung program pemerintah terkait Vaksinasi Covid 19,” kata Anif.

Selanjutnya, Anif menyampaikan, agama Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin (memberikan rahmat bagi semesta alam). Maka, jangan sampai kita mengajarkan pada siswa siswi terkait radikalisme dan juga jangan punya pemahaman yang liberal (menganggap semua agama sama). “Karena agama kita mengajarkan agar kita harus mempunyai akhlak yang mulia. Ketika bermuamalah dengan penganut agama lain dalam urusan dunia, maka kita saling menghormati dan saling menghargai,” pinta Anif.

“Kita tanamkan siswa siswi kita akhlak yang baik, karena madrasah mempunyai ciri khas yang lebih dari sekolah umum, punya keunggulan di pengetahuan umum dan agama,” ajaknya.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan ujian madrasah, kepala madrasah untuk memastikan bahwa semua siswa madrasah tetap belajar dimasa pandemik ini.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Bakri menambahkan, untuk melaksanakan UM TP 2020/2021 dengan berpedoman pada POS, segera dibentuk panitia Ujian Madrasah dan menyusun soal ujian yang berpedoman pada kisi-kisi yang telah dibuat.(mi_aj/Sua).