Finalisasi Naskah Soal PAI Ujian Semester SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

Semarang — Untoro, Guru PAI SMK Negeri I Salatiga mengikuti kegiatan finalisasi naskah soal Ujian Semester (US) mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Kamis (04/03). Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat lantai 2 Bidang PAIS Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jateng itu dipimpin Kasi PAI SMA/SMK, Afifatun.  Sebanyak 10 guru PAI SMA dan 10 guru PAI SMK se Jawa Tengah mengikuti kegiatan ini yang berlangsung sejak pukul 09.00-17.00 WIB.

Dalam pengarahannya, Kabid PAIS Imam Bukhori mengharapkan para guru yang mengikuti finalisasi soal Ujian Semester PAI menyusun soal dengan mempertimbangkan mutu soal yang HOTS (Higher Others Thinking Skill). “Ujian semester merupakan salah satu alat untuk mengukur kemampuan peserta didik memahami materi.  Oleh karena itu, sebaiknya tim finalisasi ini menyusun soal yang HOTS atau Higher Others Thinking Skill atau kemampuan berpikir tingkat tinggi.  Dengan begitu kualitas penilaian ujian semester lebih bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Imam Bukhori.

Tim finalisasi berhasil menyelesaikan kisi-kisi dan soal ujian semester PAI SMA/SMK, kartu soal dan kunci jawaban.  Selanjutnya pada Senin, 08 Maret 2021, perangkat master dan soal ujian semester PAI SMA/SMK diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah untuk didistribusikan ke seluruh SMA dan SMK di Jawa Tengah. (Mudjibah/Untoro)