Kerjasama dengan IAIN Salatiga, Kankemenag Kab. Sragen Adakan Lokakarya Imsakiyah

Sragen-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen dan Institut Agama Islam Negeri Salatiga melakukan Memorandum Of Understanding kerjasama dua instansi di bawah Kementerian Agama tersebut. Penandatanganan dilakukan Kakankemenag Kab. Sragen, H. Hanif Hanani dan Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Hj. Siiti Zumrotun di Aula PLHUT, Kamis (04/03).

Kerjasama pertama yang dilakukan adalah dengan diadakannya Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1422 H yang diikuti pejabat di lingkungan Kankemenag Kab. Sragen, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam, Pengawas Madrasah dan PAI, Kepala Madrasah Aliyah dan stake holder Kankemenag Kab. Sragen sebanyak 50 orang.. Saat memberikan sambutan, Kakankemenag Sragen menyampaikan harapannya agar kerjasama ini tidak hanya berkenaan dengan Imsakiyah Ramadhan 1422 H, namun juga pada kegiatan lain.

“Terimakasih kami sampaikan kepada IAIN Salatiga khusususnya Fakultas Syariah yang berkenan melakukan kerjasama dengan kami, selanjutnya kami harapkan agar kerjasama ini terus terjalin dan tidak hanya masalah imsakiyah saja namun juga kegiatan lain” kata Hanif Hanani.

“Kegiatan yang menurut kami juga penting yakni ketrampilan pengukuran arah kiblat. Saat ini di Sragen khususnya Kemenag Sragen praktis hanya 1 orang ahli pengukuran arah kiblat, yakni Kasi Bimas Islam. Kedepan kami targetkan setiap KUA bisa memberikan layanan pengukuran arah kiblat” tambah Kakankemenag.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga menyampaikan kesiapannya untuk melakukan kerjasama lebih lanjut. Berkenaan dengan Lokakarya Imsakiyah yang dilaksanakan, Siti Zumrotun menyampaikan bahwa Ilmu Falak merupakan salah satu ilmu yang penting dalam ajaran Islam.

“Ilmu Falak memang merupakan ilmu yang tidak begitu diminati, padahal ilmu ini sangat penting karena bisa menjadi penentu sah tidaknya sebuah ibadah” tutur Siti Zumrotun.

Lebih lanjut Siti Zumrotun menyampaikan maksud kedatangan Fakultas Syariah ke Sragen “Ada hal penting mengapa kami rawuh mengadakan lokakarya ini, pertama menjelaskan kepada masyarakat betapa penting llmu falak sebagai dasar penentuan awal Ramadhan atau bulan Qomariyah lainnya, termasuk juga penentuan waktu sholat. Selain itu kami juga mengenalkan kampus kami terutama fakultas syariah, agar semakin dikenal masyarakat terutama di kalangan mitra kami khususnya sesama di bawah Kementerian Agama”.

Pada akhir acara diserahkan kenang-kenangan dan berita acara MOU IAIN Salatiga dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen. (ira)