Pegawai Kankemenag Sragen dan Tokoh Lintas Agama Jalani Vaksinasi Tahap 1

Sragen- Pencanangan Vaksinasi covid-19 untuk pegawai Kankemenag Sragen dan tokoh agama Kabupaten Sragen dilaksanakan pada Senin (01/03). Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tahap pertama dari 2 tahap yang akan dilakukan. Kegiatan dimulai jam 8 pagi dan berakhir jam 12 siang dengan peserta 200 orang terdiri dari pegawai Kankemenag dan tokoh agama lintas agama.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab Sragen. Dalam sambutannya Hanif Hanani menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sragen yang mengadakan vaksinasi covid 19 kepada pegawai Kankemenag Kab. Sragen dan tokoh agama Kabupaten Sragen.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Bu Yuni yang berkenan hadir untuk memantau pelaksanaan vaksinasi kepada kami ASN Kankemenag Sragen dan tokoh lintas agama, kami sebagai masyarakat sudah menunggu-nunggu untuk divaksin sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19” kata Hanif Hanani.

“Jujur walau diantara ada yang takut disuntik, namun karena ini upaya yang harus dilakukan maka kami rasa takut itu kami pendam” tambahnya yang disambut tawa calon peserta vaksinasi.

Sedangkan Bupati Sragen pada sambutannya mengatakan bahwa hari ini merupakan tahap pertama dari vaksinasi covid 19 yang akan dilanjutkan vaksinasi tahap kedua setelah 14 hari.  Bupati juga mengingatkan bahwa vaksinasi hanyalah salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19, protokol kesehatan tetap harus ditaati.

“Saya ingatkan, setelah divaksin nanti jangan terus meninggalkan protokol kesehatan, lepas masker dan merasa bebas gitu, saat ini tidak ada yang bisa memastikan kebal dari Corona walaupun sudah divaksin” pesan Yuni.

“Kunci pencegahan penularan hanya taat protokol kesehatan, ingat itu!” tegas Yuni.

Selanjutnya Yuni menyampaikan bahwa setelah menyasar pegawai di layanan pemerintah termasuk Kemenag serta tokoh agama, sasaran berikutnya adalah para pedagang pasar, karena mereka juga termasuk yang beresiko karena kegiatannya banyak berinteraksi dengan banyak orang.

Usai pembukaan acara yang berlangsung singkat dan sederhana dilakukan vaksinasi. Vaksinasi pertama diberikan kepada Kepala Kankemenag Sragen dan yang melakukan penyuntikan vaksin adalah Bupati Sragen, yang juga merupakan dokter. Vaksinasi berikutnya kepada tokoh agama dan ASN Kankemenag Sragen.

Setelah diobservasi selama 30 menit usai vaksinasi peserta diperkenankan meninggalkan lokasi dan bisa melakukan aktifitas biasa.  Alhamdulillah semua peserta vaksinasi menyampaikan bahwa tidak ada kendala dan kejadian/efek yang berarti. (ali/ira)