5 guru MTsN 2 Rembang ikuti seleksi Eselon I

Rembang — Kementerian Agama membuka seleksi terbuka untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau yang biasa disebut Eselon I. Seleksi ini mendapat respon posituf dari MTsN 2 Rembang. Sebanyak lima guru mendaftarkan diri secara online pada Minggu (4/4/2021).

Lima guru tersebut yaitu guru dari Mapel UN (Matematika, IPA, BHS Indonesia, BHS Inggris) ditambah Mapel IPS.   Kepala MTsN 2 Rembang, Mohammad Yunus Anis mengatakan, seleksi ini bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi kriteria.

Pihaknya tidak menahan dan mempersilakan para guru untuk mengikuti seleksi tersebut. “Kami mempersilakan guru-guru untuk berkompetisi  dalam mengembangkan profesi, dan berharap langkah mereka ini mewarnai seleksi terbuka ini,” ungkap Yunus Anis.

Anis berharap, langkah lima guru ini bisa membawa perubahan sikap para guru untuk bersemangat memperbaiki diri dan berprestasi. “ Kami berharap, apa yang dilakukan lima guru ini bisa membawa perubahan yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas madrasah,” kata Yunus Anis.

Sebagaimana diberitakan, seleksi ini dibuka secara terbuka. Peserta selsksi bisa mendaftar online pada 1-15 April 2021.

Ada lima jabatan eselon I yang akan dibuka seleksi. Dua jabatan, seleksinya bisa diikuti oleh PNS dan Non PNS yang memenuhi syarat, yaitu: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah serta Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan Negara.

Tiga jabatan yang lain, seleksinya hanya bisa diikuti PNS, yaitu: Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, serta Staf Ahli Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Untuk mendaftar, peserta bisa mengakses Sistem Pendaftaran Online Seleksi JPT Kementerian Agama melalui tautan https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.

Informasi lengkap terkait jadwal dan dokumen persyaratan seleksi Pimpinan Pejabat Tinggi Madya Kemenag ini bisa diakses melalui: https://kemenag.go.id/home/artikel/43486/seleksi-terbuka-calon-pejabat-pimpina-tinggi-madya-kementerian-agama-tahun-2021

Hasil seleksi akan diadakan 21 April. Dilanjutkan penulisan makalah pada 24 April 2021, asesmen kompetensi pada 27-30 April 2021, penyampaian hasil tes kesehatan pada 7 Mei 2021 dan penguuman hasil akhir seleksi pada 12 Mei 2021. — iq