ASN KUA Diminta Miliki Tiga Kompetensi

Rembang– Jajaran Kantor Urusan Agama di Kabupaten Rembang bekerja untuk bekerja secara profesional. Tidak hanya kompeten dalam menyelesaikan pekerjaan, namun juga memiliki kompetensi di bidang manajerial dan sosial.
Hal ini dikemukakan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Rembang, Moh. Mukson ketika memberikan pembukaan dalam pembukaan kegiatan Pembinaan SDM BOP KUA tahun anggaran 2021 di Rumah Makan Praukuno Rembang pada Rabu (7/4/2021).
Mukson mengatakan, kemampuan di bidang manajerial sangat penting untuk membina kerja untuk mencapai tujuan organisasi secara total. Manajemen kerja ini akan menyatukan persepsi para staf di kantor sehingga tidak ada tumpah kepentingan kepentingan.
Sementara kompetensi bidang sosial sangat penting untuk menciptakan para staf arus utama agar melayani publik dengan sebaik-baiknya. 
Mukson mengatakan, kompetensi tersebut sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam rangka Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang saat ini dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.
“ASN kami tidak mengharapkan hanya bekerja, namun juga bisa bergaul, bersosialisasi, dan membuat orang nyaman. Karena setiap hari kita melayani banyak tamu,” tandas Mukson.
Pelayanan secara prima kepada masyarakat, lanjut Mukson, mutlak dilakukan secara berkelanjutan tidak hanya ketika pesan. Menurut Mukson, KUA harus turut membangun citra Kemenag sebagai lembaga yang profesional, melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Anggaran yang terbatas kami mengharapkan tidak mengurangi kualitas layanan kepada masyarakat,” tegasnya.
Terkait dengan kinerja ASN, Mukson meminta staf KUA untuk melaporkan kinerja setiap bulan pada awal bulan berikutnya. Demikian pula tentang SPJ kegiatan, Mukson meminta KUA agar disiplin menyusun laporan tepat waktu. –iq