Dinyatakan Lulus Pelatihan, Begini Tanggapan Peserta

Rembang – Pelatihan Pembelajaran Tematik selama 6 enam (5-10/4/2021) yang digelar bagi 40 guru MI berjalan sukses. Hal ini terbukti dengan 40 peserta yang dinyatakan lulus semua.

Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang, Budi Lestari mengatakan, semua peserta dinyatakan lulus dengan nilai yang cukup bagus. “Alhamdulillah tidak ada yang tidak lulus. Nilai tertinggi yaitu 88,” katanya di hadapan peserta.

Budi menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada peserta diklat karena antusiasme yang begitu tinggi selama mengikuti kegiatan. “Peserta begitu serius menyimak dan aktif bertanya. Begitu juga ketika kami minta yang mempresentasikan hanya satu kelompok saja, semua kelompok malah meminta presentasi,” ujar Budi.

Cara WI menyampaikan materi juga menghadirkan kesan yang mendalam bagi peserta. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Abdul Hakim, guru dari Madrasah Mambaul Ilmin Nafi. Selama pelatihan, ternyata ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dengan baik sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Dia mengungkapkan, Widyaiswara menyampaikan materi secara jelas dan tidak terkesan menggurui. “Selama pelatihan berjalan.Antara WI dan kami seolah-olah tidak ada jarak. Posisi kita sama-sama belajar. Keterbukaan informas telah dbuka secara luas,” ujarnya.

Sementara Nikmatur Rahmah Hidayatinningsih dari MIN 1 Rembang yang berperan sebagai Ketua Kelas mengatakan, banyak sekali hal-hal baru yang didapatkan selama pelatihan ini. Dia mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan diri guru. Dia berpesan kepada peserta lainnya untuk mau berbagi ilmu kepada guru-guru lainnya di madrasah mereka masing-masing. “Semoga pelatihan ini bermanfaat pula untuk anak didik kita,” ujarnya. — iq