MTs Al Irsyad Gajah Gelar Pelatihan Life Skill

Demak – Untuk melatih kemandirian dan kecakapan diri,  Madrasah Tsanawiyah (MTs) AL Irsyad Gajah Kab. Demak memberikan pelatihan life skill kepada para siswanya.

Launching pelaksanaan kegiatan yang inovatif dan dinilai sangat bermanfaat ini berlangsung pada Hari Kamis yang lalu (08/04/2021) bertempat di aula madrasah. Kegiatan diikuti oleh warga madrasah meliputi kepala madrasah, guru, karyawan dan perwakilan siswa kelas 9, iuga mengundang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag)  Kabupaten Demak serta pengawas MTs wilayah Kecamatan Gajah.

H. Subekan selaku kepala madrasah menjelaskan bahwa pelatihan life skill ini adalah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan keterampilan dasar kepada peserta didik sehingga memiliki keterampilan sebagai bekal untuk mandiri. “Tujuannya bukan semata-mata berhenti pada penguasaan keterampilannya. Namun lebih jauh adalah dalam rangka menanamkan nilai kreatif dan mandiri pada diri siswa,” jelasnya.

Sebagaimana yang disampaikannya dalam sambutan, bahwa ada  7 macam pelatihan yang akan diselenggarakan. Yaitu elektronik, otomotif, tata rias, dekorasi, pertanian, tata busana dan penataan parcel. Targetnya adalah memberi keterampilan dasar yang sifatnya sederhana kepada siswa. Misalnya mampu memperbaiki kipas angin, seterika, HP, bisa membuat parcel hantaran lamaran atau perkawinan dan sebagainya.

Untuk mewujudkan program inovasi ini, madrasah menggandeng mitranya yaitu Madrasah Aliyah Keterampilan Gajah, Universitas PGRI Semarang  serta melibatkan para alumni yang sukses di bidang terkait. Adapun pelaksanaannya mulai 17 April s.d 5 Mei 2021.

Menanggapi atas pelaksanaan kegiatan ini, Kepala Kankemenag Kab. Demak H. Ahmad Muhtadi menyambut baik  dan mengapresiasi.

“Pelatihan life skill ini adalah bentuk inovasi yang harus kita dukung dan harus terus kita kembangkan. Kita perlu tanamkan nilai kreatif dan mandiri serta jiwa entrepreneurship pada diri siswa. Sehingga ketika mereka lulus madrasah atau kuliah nanti  mindsetnya bukan bagaimana mencari kerja namun bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan,” sambutnya.

Sebagai informasi, disamping dikenal sebagai sebuah madrasah yang inovatif, madrasah swasta yang berada tidak jauh dari jalan pantura yang terletak antara Kota Demak – Kudus itu juga mengukir berbagai prestasi akademik. Salah satunya meraih medali perak untuk mata pelajaran (mapel) IPA  dan medali perunggu untuk mapel IPS dalam kompetisi sains nasional online yang diadakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia(POSI) tingkat Jawa Tengah tahun 2020 yang lalu. (ms/qq)