Peserta Diminta Tularkan Ilmu kepada Guru Lainnya

Rembang – Pelatihan Pembelajaran Tematik bagi guru MI yang diadakan selama enam hari (5-10 April 2021) telah berakhir. Seluruh peserta berbagi untuk membagi ilmu kepada guru-guru lainnya yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Syadullah ketika memberikan penutupan Pelatihan Pembelajaran Tematik bagi guru MI pada Sabtu (10/4/2021) di aula Kemenag Rembang.

Syadullah bahas, peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah peserta pilihan yang belum tentu semua peserta bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Oleh karena itu, peserta berkumpul untuk berbagi ilmu kepada guru lainnya agar ilmu yang diperoleh bermanfaat. “Kami imbau peserta untuk mentransfer ilmu kepada teman-teman guru lainnya untuk bersama-sama memajukan madrasah kita,” ujar Syadullah.

Syadullah menyinggung soal kurikulum yang kerap kali mengalami perubahan. Menghadapi ini, guru bersama aktif untuk mengikutinya dan selalu belajar. “Kurikulum itu berkembang dan dinamis. Guru harus selalu memperbarui terkait Kurikulum ini, ”sambungnya.

Diberitakan, wilayah pelatihandi tempat kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, dalam hal ini guru MI. Adapun widyaiswara pengisi materi yaitu Maliki dan Budi Lestari. Kedua WI ini menyampaikan beberapa materi antara lain Beberapa materi yang disampaikan yaitu Konsep Pembelajarn Tematik Terpadu, Analisis Standar Kompetensi Lulusan Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar (SKL KI dan KD), Pemetaan Tema, Teknik Penilaian Pembelajaran Tematik, Penyusunan Desain Pembelajaran Tematik, dan Simulasi Pembelajaran Tematik. iq