TPN KemenpanRB Turun Lapangan di Kemenag Salatiga

Salatiga — Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) turun lapangan untuk melakukan veirifikasi langsung pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kamis (25/11). Setelah menghadapai Desk Evaluation 28 Oktober 2021 lalu, Kemenag Salatiga terpilih menjadi salah satu sattker yang dikunjungi langsung oleh TPN Kemenpan RB selain Kemenag Solo dan BDK Semarang.

Kedatangan rombongan disambut meriah oleh pasukan Yel-Yel yang beranggotakan ASN Kemenag Salatiga. Tim Yel-Yel merupakan representasi dari seluruh ASN Kemenag Salatiga yang mempunyai semangat menggelora untuk membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Tim Kemenpan RB diterima langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU H.M. Soleh Mubin selaku Agen Perubahan beserta jajaran dan didampingi oleh Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI selaku Tim Penilai Internal dan pembina satker yang diketuai oleh Mudrik Zamzami.

TPN memulai verifikasi dengan meninjau layanan di PTSP kemudian beralih dari satu unit kerja satu ke unit kerja lainnya untuk mendapatkan informasi terkait dengan produk layanan, dan kroscek kesesuaian evidence dengan realita di lapangan. Ruang konsultasi tak lepas dari tinjauan TPN. Tim ZI Salatiga menjelaskan tentang perbedaan PTSP dan Ruang Konsultasi. Di PTSP, masyarakat hanya mendapatkan layanan secara direct seperti permohonan rekomendasi, pendaftaran haji, menerima surat. Sedangkan untuk layanan yang bersifat konsultatif dan membutuhkan penjelasan yang panjang atau bersifat rahasia diarahkan ke ruang konsultasi.

Berbagai fasilitas seperti jalur khusus untuk kaum difabel, pojok bermain anak, ruang laktasi, kebersihan dan kerapian juga menjadi perhatian TPN. Kemudian terkait dengan inovasi yang diciptakan Kemenag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menjelaskan bahwa semua inovasi adalah buah pemikiran kreatif ASN Kemenag Salatiga dan diciptakan untuk meningkatkan kualitas layanan untuk masyarakat Salatiga.

Setelah melakukan verifikasi, TPN Kemenpan RB dan Irjen Kemenag bersama Kepala Kemenag Salatiga menyambangi Rumah Moderasi BKGS yang menjadi salas satu inovasi unggulan Kemenag Salatiga. TPN sangat mengapresiasi keberadaan Rumah Moderasi sebagai bukti bahwa Kemenag Salatiga ikut berperan dalam mensosialisasikan program  moderasi beragama dan mempunyai andil dalam menjaga Kota Salatiga sebagai Kota Tertoleran se-Indonesia. (Humas/Fitri)