FKPAI Tingkatkan Kompetensi Penyuluh sebagai Pembawa Acara

Purworejo – Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, pada hari Kamis (2/12/2021) Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam atau FKPAI Kabupaten Purworejo mengadakan Pelatihan Master of  Ceremony (MC) bagi anggotanya. Dengan jumlah peserta 38 orang yang merupakan perwakilan dari 19 FKPAI kecamatan se-Kabupaten Purworejo.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kasi Bimas Islam, H. Uan Abdul Hanan, M.SI. Beliau menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini karena tidak dapat dipungkiri penyuluh dianggap serba bisa oleh masyarakat.  “Untuk itu manfaatkan kegiatan dan ilmu yang diperoleh dengan sebaik-baiknya,  sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri apabila sewaktu-waktu mendapat tugas karena sudah mengantongi  ilmu dari ahlinya,” imbuhnya.

Sebagai narasumber tunggal hadir Ulik Sri Widiatmi, S.Sos, M.AP. yang sehari-hari menjalankan tugas sebagai Kasubbag Protokol Sekda Purworejo. Di antaranya, Ulik menyampaikan bahwa seorang MC sebagai kunci jalannya acara diharapkan dapat ‘menguasai medan’ dengan tepat. Untuk itu, MC harus bisa menyesuaikan dengan sifat acara apakah formal ataukah non formal. Selama berlangsungnya acara, peserta tampak antusias dan menyimak dengan tertib. 

Menurut salah seorang peserta, Ratna Ulfatul Fuadhiyah, kegiatan pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para penyuluh. “Acara ini dapat menambah wawasan dan keilmuan kami para penyuluh dalam membawakan suatu acara karena tidak dapat dipungkiri penyuluh berada di setiap sektor kegiatan mulai tingkat desa, kecamatan, bahkan kabupaten dan kita dituntut untuk bisa berperan dengan baik dan benar manakala mendapatkan tugas tersebut,” tuturnya. (hws/sgy/bd)